Ini Harapan Sekda Terkait Pertemuan Gubernur Dan DPRD Kalteng

id Kalimantan Tengah, Siun Jarias, DPRD Kalteng, Ini Harapan Sekda Terkait Pertemuan Gubernur-DPRD Kalteng

Ini Harapan Sekda Terkait Pertemuan Gubernur Dan DPRD Kalteng

Siun Jarias (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Siun Jarias berharap pertemuan Gubernur Sugianto Sabran dengan pimpinan DPRD Kalteng dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, khususnya terkait pelantikan pejabat eselon II pada 18 November 2016.

Pertemuan tersebut sangat penting agar tiga rancangan peraturan daerah yang sempat tertunda pembahasannya dapat dilanjutkan, kata Siun usai menghadiri rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kalteng dengan agenda menyusun jadwal pertemuan Pimpinan DPRD dan Gubernur, Selasa.

"Apabila tiga raperda tersebut tidak disahkan pada tahun 2016, maka tidak beres. Mau tidak mau, kita terpaksa harus membuat berbagai surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pastinya akan semakin rumit," tambah dia.

Tiga Raperda yang harus segera diselesaikan masing-masing tentang Struktur Susunan Organisasi Perangkat Daerah, rencana program jangka menengah daerah (RPJMD), dan KUA PPAS APBD 2017.

Sekda berharap dalam pertemuan dengan Pimpinan DPRD tersebut, Gubernur didampingi aparatur sipil negara (ASN) yang memahami persoalan pelantikan 18 November 2016 agar membantu memberikan penjelasan.

"Jangan hanya yang tahu aturan tapi tidak memahami persoalan pelantikan itu. Itu saran dari saya. Kalau mengenai apakah saya nantinya diajak Gubernur untuk mendampingi, saya kurang tahu," ucap Siun.

Dia mengapresiasi bila pertemuan Pimpinan DPRD dengan Gubernur Kalteng tersebut dibuat pertanyaan secara tertulis agar tidak melebar kemana-mana. Sebab, jika secara lisan kecenderungannya melebar dan kurang fokus.

"Kita tidak tahu apa yang nantinya ditanya pimpinan DPRD Kalteng, tapi informasinya seputar pelantikan 18 November. Kita berharap pertanyaannya tertulis agar tidak melebar. Biar fokus seputar pelantikan saja," kata Siun.

Rapat kerja dan koordinasi Pimpinan DPRD Kalteng dengan Gubernur Sugianto Sabran disepakati, Rabu (30/11) pukul 19.30. Rapat tersebut dihadiri Ketua, Wakil Ketua, pimpinan Komisi dan Fraksi di DPRD Kalteng.