Paslon Idham-Jaya bayarkan biaya pengobatan korban keracunan

id paslon idham-jaya,keracunan makanan, keracunan massal

Paslon Idham-Jaya bayarkan biaya pengobatan korban keracunan

Calon Bupati Pulpis H Idham. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Biaya pengobatan para korban keracunan makanan usai kampanye di Desa Garantung Kecamatan Maliku di RSUD Pulang Pisau ditanggung sepenuhnya pasangan calon H Idham-Ahmad Jayadikarta, dan proses administrasi pembayaran diselesaikan langsung H Idham pada Selasa (17/4).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo MHlthSc membenarkan bahwa calon bupati H Idham bertanggung jawab terhadap biaya pengobatan seluruh korban yang mengalami keracunan massal usai mengkonsumsi nasi bungkus saat kampanye di Desa Garantung Kecamatan Maliku.

"Pasangan calon Idham-Jaya sudah bersedia untuk menyelesaikan administrasi dan ada menitipkan sejumlah uang kepada staf administrasi," kata Muliyanto, Selasa sore.

Dikatakan Muliyanto, pihak RSUD Pulang Pisau sendiri melalui bagian administrasi masih melakukan perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan warga yang mengalami keracunan makanan massal itu.

Menurut Muliyanto, saat ini masih tersisa 14 korban keracunan yang masih dirawat. Sebanyak 4 korban di RSUD Pulang Pisau dan 10 korban di Puskesmas Maliku. 

Ia mengungkapkan, perkiraan sementara keracunan makanan ini disebabkan oleh bakteri yang ada pada makanan, yang secara jelasnya masih menunggu hasil laboratorium dari sampel makanan yang sudah dikirim ke BPOM Palangka Raya.  

Tim Pemenangan Idham-Jaya, Arief Rahman Hakim sebelumnya juga mengungkapkan bahwa kejadian ini memang diluar dugaan Tim. Pihaknya berharap semua korban bisa segera sembuh setelah mendapat perawatan. Berkaitan dengan pengobatan juga menjadi tanggungjawab dari Paslon Idham-Jaya.

Hakim juga mengaku menyayangkan seperti apa yang disampaikan pihak kepolisian setempat bahwa pengolahan makanan yang dikonsumsi dilakukan di lokasi yang tidak higienis, dan berdekatan dengann pupuk tanaman.

"Semoga kejadian ini tidak akan terulang lagi ke depan. Para korban yang dirawat juga terus dipantau perkembangannya dengan didampingi oleh Tim Idham-Jaya apabila ada sesuatu hal yang diperlukan oleh korban," katanya.

Hakim menyebutkan pihaknya berharap semua korban bisa semuanya bisa sembuh dan bisa beraktivitas seperti sebelumnya.

H Idham yang menjadi salah satu calon Bupati Pulang Pisau kepada sejumlah awak media setempat mengungkapkan keprihatinannya atas musibah yang terjadi. 

Dia tidak menyalahkan siapapun dan menanggung seluruh biaya pengobatan warga yang menjadi korban keracunan tersebut. 

Menurut Idham, semua yang terjadi adalah musibah dan ada hikmah yang bisa diambil, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.