Bupati dorong perempuan Kotim lebih terlibat pembangunan

id bupati kotim,peran perempuan

Bupati dorong perempuan Kotim lebih terlibat pembangunan

Bupati Kotim H Supian Hadi menyerahkan penghargaan kepada guru beprestasi usai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, Rabu (2/5/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Supian Hadi mendorong para kaum perempuan untuk terus dan lebih terlibat dalam pembangunan daerah tersebut.

"Peran perempuan dalam pembangunan di daerah sangat dibutuhkan, karena banyak hal yang dapat dilakukan oleh perempuan yang belum tentu bisa dilakukan oleh para laki-laki," katanya di Sampit, Kamis.

Menurut Supian Hadi, kondisi ini dapat dipahami begitu besar andil perempuan dalam pembangunan derah yang diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Perempuan merupakan sumber daya yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk memberikan sumbangan ekonomi dalam pembangunan.

"Perempuan memiliki peran di luar rumah tangga atau disebut wanita karier. Peran-peran ini menunjukkan bahwa perempuan baik langsung maupun tidak langsung mempunyai kontribusi yang besar terhadap pembangunan daerah," katanya.

Supian Hadi mengatakan, pemerintah telah menempatkan kaum perempuan sebagai partner yang manis bagi pembangunan. Isu gerakan dan pemberdayaan perempuan yang berkembang berkisar dalam suatu pemikiran bahwa perempuan sebagai sumber daya pembangunan.

Konsep ini memberikan porsi kepada kaum perempuan untuk lebih eksis meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan menuju daerah yang sejahtera dan penuh kedamaian.

"Peranan perempuan dalam pembangunan memang sangat kita butuhkan, namun dalam kehidupannya hendaknya perempuan tidak lupa dengan kodratnya sebagai perempuan, yakni sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya," tegasnya.

Supian Hadi minta sesibuk apapun kaum perempuan dalam berkarir hendaknya tetap mempertahankan keutuhan rumah tangganya.

"Menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga adalah menjadi tugas utama, berperan dalam pembangunan merupakan tugas kedua jadi utamakan keluarga," demikian Supian Hadi.