Cegah kejahatan, kades se-Lamandau diminta aktifkan siskamling

id pemkab lamandau,DPMD Kabupaten Lamandau,Muriadi,siskamling

Cegah kejahatan, kades se-Lamandau diminta aktifkan siskamling

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamandau, Muriadi. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Permintaan mengaktifkan siskamling tersebut juga merupakan arahan dari Bupati Lamandau Marukan. Siskamling ini penting karena ancaman yang kapan saja bisa dilakukan oleh para pelaku tindak kejahatan yang kapan saja bisa terjadi
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Kepala Desa se-Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah diminta mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan agar keamanan dan kenyamanan jelang hari Raya Idul Fitri serta pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2018 tetap terjaga.

Walau kondisi di daerah ini tetap kondusif namun tidak ada salahnya siskamling diaktifkan kembali dengan melibatkan warga sekitar, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamandau Muriadi, di Nanga Bulik, Selasa.

"Tidak ada salahnya kalau semua pihak juga ikut membantu dalam meningkatkan situasi keamanan di daerahnya, agar mempersempit ruang pergerakan para pelaku kejahatan yang ingin berbuat jahat," ucapnya.

Kades se-Kabupaten Lamandau disarankan agar pengertian kepada warganya untuk mengoptimalkan kembali Siskamling guna meningkatkan rasa aman dan nyaman. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penjagaan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Lamandau ini mengatakan, agar lebih optimal memberikan penyadaran tersebut, para Kades juga bisa melibatkan Ketua RT dan RW setempat agar selalu proaktif untuk menggerakkan warganya dalam menjaga keamanan.

"Permintaan mengaktifkan siskamling tersebut juga merupakan arahan dari Bupati Lamandau Marukan. Siskamling ini penting karena ancaman yang kapan saja bisa dilakukan oleh para pelaku tindak kejahatan yang kapan saja bisa terjadi," kata Muriadi.

Terpisah, Kapolres Lamadau AKBP Andhika Kelana Wiratama mengatakan, tidak ada salahnya apabila masyarakat agar tetap terus meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

Dia mengatakan apabila ada seseorang yang terlihat mencurigakan gerak geriknya yang masuk ke pemukiman masyarakat setempat, masyarakat diminta jangan takut untuk segera melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib dalam hal ini kepolisian. Dan segera mengambil tindakan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Hal seperti ini kita lakukan agar supaya mengantisipasi agar daerah kita ini jauh dari sasaran pelaku kejahatan yang berniat untuk melakukan tindak kejahatan, karena daerah kita saat ini sudah aman, tenteram, dan damai," demikian Andhika.