Polres cek kegiatan sortir dan lipat surat suara di KPU Lamandau

id Polres Lamandau ,Pemilu 2024,Lipat surat suara

Polres cek kegiatan sortir dan lipat surat suara di KPU Lamandau

Wakapolres Lamandau Kompol Samsul Bahri beserta Komisioner KPU setempat memantau kegiatan pelipatan surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2024, Kamis (4/1/2024). ANTARA/Humas Polres Lamandau

Palangka Raya (ANTARA) - Polres Lamandau melakukan pengecekan terhadap kegiatan sortir dan lipat surat suara yang di laksanakan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, untuk Pemilu pada Februari 2024.

Kegiatan pengecekan dipimpin Wakapolres Lamandau Kompol Samsul Bahri beserta personelnya dan didampingi Ketua KPU setempat Wawan Kusnadi, Kamis, di aula KPU setempat melibatkan sekitar 50 orang sebagai tenaga lipat.

"Pengecekan tersebut tidak lain untuk memastikan pelipatan dan penyortiran surat suara dapat berjalan aman dan lancar sesuai dengan keinginan bersama," kata Samsul.

Dia mengatakan, selain Ketua KPU Lamandau juga hadir dalam pengecekan pelipatan surat suara tersebut yakni Kasat Samapta Iptu Karno, Ketua Bawaslu beserta staff, anggota Komisioner KPU dan Perwakilan Kesbangpol Kabupaten Lamandau.

Adapun surat suara yang dilakukan sortir dan pelipatan antara lain surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) plus PSU sebanyak 1.000 dengan 78.035 buah,  surat suara DPD RI sebanyak 77.035 buah, surat suara DPR RI sebanyak 77.035  buah, surat suara DPRD Provinsi Kalteng sebanyak 77.035 buah, surat suara DPRD Kabupaten plus PSU sebanyak 3.000 sama dengan 8.035 buah.

Baca juga: Pj Bupati Lamandau: Tingkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam memaknai HAB

Ia juga menyampaikan pelipatan surat suara dan penyortiran adalah agenda penting dalam mempersiapkan kegiatan pungut suara,  untuk itu Polres Lamandau akan terus melakukan pemantauan dan pengamanan sampai kegiatan tersebut selesai.

"Personel pengamanan KPU akan terus melakukan pemantauan kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara berjalan sesuai keinginan," ucapnya.

Dari kegiatan pelipatan dan penyortiran suara di prediksi di laksanakan selama tujuh hari di mulai hari ini sampai dengan tanggal 10 Januari 2024.

"Di harapkan pihak pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab pelipatan dan penyortiran dapat bekerja dengan baik, sehingga kegiatan pungut suara yang akan datang dapat berjalan sesuai dengan yang di rencanakan," demikian Samsul.

Selain itu berdasarkan informasi yang dihimpun, kondusivitas n Lamandau selama kampanye hingga jelang hari H berjalan lancar dan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bahkan situasi seperti itu terus dijaga oleh pihak kepolisian setempat, agar pada hari H pemilu dapat berjalan lancar dan aman.

Baca juga: Pemkab Lamandau gelar Safari Natal pertama di Karang Taba

Baca juga: Puskesmas di Lamandau diminta terus tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan

Baca juga: DWP Lamandau laksanakan senam bersama lansia