BMKG prakirakan wilayah Kalteng cerah berawan

id BMKG palangka raya,weni anggi, BMKG

BMKG prakirakan wilayah Kalteng cerah berawan

BMKG ((FOTO ANTARA Kalteng/Ronny Nuelson Tumon))

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut, Palangka Raya menyampaikan prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Tengah selama dua hari ke depan cerah berawan.

"Selama dua hari ke depan wilayah Kalteng akan didominasi cuaca dengan kondisi cerah berawan. Selain itu belum ada peringatan dini kewaspadaan kondisi cuaca buruk," kata prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Weni Anggi, Sabtu.

Dia mengatakan, pada Sabtu (9/6) sebagian besar wilayah Kalteng di dominasi cuaca cerah berawan sementara untuk wilayah Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Gunung Mas pada malam hari berportensi hujan ringan.

Kemudian pada Minggu (10/6), sebagian besar di wilayah Kalteng berawan dan pada siang hari di sebagian Kabupaten Murung Raya, Barito Utara berpotensi hujan ringan.

Potensi hujan ringan juga akan terjadi pada malam hari di Kabupaten Kotawaringin Timur dan di Kabupaten Seruyan pada dini hari.

Di sisi lain, Weni yang dihubungi melalui telepon genggamnya menerangkan bahwa sebagian wilayah di Provisi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" ini mulai masuk pada musim kemarau.

"Di wilayah Kabupaten Kapuas bagian selatan, Kabupaten Barito Timur bagian tenggara dan bagian timur telah masuk musim kemarau sejak Mei pekan 1-3 yang lalu," katanya.

Sementara itu, pada Juni pekan pertama musim kemarau mulai masuk di Kabupaten Kapuas bagian timur dan bagian tengah.

"Selanjutnya untuk wilayah lain di Kalimantan Tengah musim kemarau diperkirakan mulai terjadi pada pekan ke-3 Juni yang mana seluruh Kalteng memasuki puncak kemarau pada Juli hingga Agustus," katanya.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat di Kalimantan Tengah untuk semakin mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan.

Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar