Sering gagal buat brownies? Simak tips berikut

id Brownies,kue,gagal

Ilustrasi Brownies (pixabay.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Brownies termasuk kue yang mudah dibuat. Namun, tidak jarang juga yang gagal walaupun sudah mengikuti resep.5 tips berikut dapat membantu Anda membuat brownies tanpa gagal: 

1. Pilihlah resep yang sesuai selera anda

Terdapat dua resep brownies, yaitu brownies dengan tekstur padat (fudgy) dan lembut (cakey). Brownies dengan tekstur fudgy, tidak menggunakan baking powder dan rasio coklat dan butter lebih tinggi. Sedangkan, brownies cakey menggunakan baking powder. Maka dari itu sebelum anda melanjutkan memasak anda harus memperhatikan resep apa yang digunakan.

2. Gunakan dark cooking chocolate minimal 72%

Pemilihan cokelat akan mempengaruhi tekstur dan rasa brownies yang akan anda santap. Penggunaan coklat bubuk tidak disarankan karena membuat brownies lebih kering dan chocolate baking chip pun tidak disarankan karena mengandung stabilizer yang sulit untuk meleleh saat dipanggang. Dark cooking chocolate dengan kandungan 72% lebih disarankan karena akan meleleh dengan bagus dan warna brownies lebih pekat.
 
3. Gunakan cokelat dalam suhu ruang

Setelah melelehkan cokelat dalam takaran yang pas, jangan langsung menambahkan cokelat ke dalam adonan. Anda harus menunggu hingga cokelat sesuai dengan suhu ruang. Jika tidak telur anda akan matang dan akan membuat coklat hangus ketika adonan dipanggang.

4. Pilih loyang sesuai kebutuhan adonan

Selain pemilihan resep dan coklat yang benar, pemilihan loyang pun harus benar. Loyang yang digunakan saat memanggang akan mempengaruhi ketebalan dan tekstur brownies. Jika loyang kebesaran, brownies akan menjadi tipis, keras, dan terlalu matang. Sedangkan jika loyang kekecilan anda akan mendapatkan brownies yang tebal dan tidak matang menyeluruh.

5. Panggang brownies selama 30-40 menit

Waktu untuk memanggang brownies tidak boleh lama atau terlalu sebentar, ikuti waktu sesuai resep. Rata-rata waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit. Gunakan timer untuk mengatur waktu memanggang dengan tepat. Hindari menentukkan kematangan dengan tusuk gigi, karena anda akan mendapatkan brownies yang terlalu matang.

Kebayang kan brownies yang lezat sesuai dengan ekspektasi anda. Karena sudah mengetahui cara membuat brownies yang tepat, yuk buat brownies kesukaanmu tanpa gagal.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar