Cara mengetahui kondisi tubuh melalui warna tinja

id Toilet,tinja,warna,kesehatan,Tubuh

Cara mengetahui kondisi tubuh melalui warna tinja

Ilustrasi toilet (Thinkstock)

Jakarta(Antaranews Kalteng) - Mari lebih jeli mengenali warna tinja untuk mengetahui kondisi tubuh.



Jika anda butuh hal lain untuk membunuh waktu selagi mengejan di toilet, ada saran yang lebih sehat:



intip tinja anda.



Dilansir CNA, warna tinja dapat menjelaskan kondisi kesehatan tubuh secara umum. Meski hasilnya tidak seakurat kolonoskopi, penampilan tinja bisa menjadi penanda apakah anda harus segera ke dokter untuk memeriksakan diri.



Ada dua faktor dibalik warna tinja:



Makanan yang anda santap dan empedu, kata Dr Reuben Wong, seorang gastroenterolog dari Rumah Sakit Gleneagles. Kadang-kadang, perubahan warna tinja dapat menunjukan kondisi kesehatan.



Warna Hampir Hitam



"Tinja gelap bisa disebabkan obat seperti bismut, pil arang, suplemen zat besi, dan / atau mengonsumsi makanan dan minuman seperti blueberry dan bir hitam," kata Dr Constatinos Anastassiades, konsultan dan kepala divisi Gastroenterologi di Khoo Teck Puat Hospital, anggota dari National Healthcare Group.



Tetapi jika anda tidak mengonsumsi itu, tinja hitam dapat menujukan pendarahan pada sistem pencernaan biasanya dibagian atas.



"Tinja Hitam dapat dikaitkan dengan sakit maag yang berdarah, atau penyakit apa pun di lambung atau usus yang menyebabkan pendarahan termasuk kanker," kata Dr. Anastassiades.



" Jika tinja hitam tidak disebabkan obat atau makanan yang baru saja Anda konsumsi , Anda harus segera menemui dokter karena ini bisa menjadi tanda pendarahan ," kata Dr Anastassiades.



Warnanya Pucat



Warna ekstrem dari tinja adalah pucat, mirip seperti lumpur yang diakibatkan dari gangguan menuju saluran empedu membuat warna tinja jadi cokelat, tapi karena salurannya terhambat, asam empedu tidak bisa mencapai tinja dan membuatnya berwarna normal. Anda harus segera menghubungi dokter bila ini terjadi.



Terlihat Merah 



Buah dan sayuran adalah pewarna alami yang kuat, seperti bit yang hisa membuat tinja kemerahan. Tapi bila warna tinja merah terang, bisa jadi itu pendarahan hemoroid



"Darah hemoroid tidak melewati usus sehingga jadi hitam, darah heromoid bisa terlihat di tisu toilet atau di permukaan tinja," kata Dr Anastassiades.



Warna tinja kemerahan bisa mengindikasikan polip, peradangan diverculitis atau bahkan kanker usus besar.



Terlihat Hijau



Apakah anda sedang keranjingan makan salad? itu mungkin alasan dibalik warna tinja yang tidak biasa. Tetapi jika satu-satunya sayuran yang anda makan adalah hiasan di piring, kotoran hijau mungkin merupakan tanda infeksi, kata Dr Taz Bhatia, ahli kesehatan integratif dan penulis What Doctors eat and The 21-Day Belly Fix.



"Jika secara konsisten warna tinja terlihat hijau dan tidak terkait dengan makanan, maka itu mungkin menjadi tanda untuk memantau kesehatan anda secara teliti dan menemui dokter," katanya.