Hal yang menyebabkan datangnya asam urat

id asam urat,penyebab asam urat,kadar asam urat tinggi,ginjal

Hal yang menyebabkan datangnya asam urat

Ilustrasi Lutut (Shutterstock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Asam urat tidak hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Sekarang ini, banyak orang di usia muda sudah memiliki kadar asam urat tinggi. Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme makanan yang kemudian dibuang melalui urine. Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan karena terlalu banyak asupan makanan yang berpotensi menghasilkan asam urat, terhambatnya pembuangan melalui ginjal, atau kondisi tubuh yang terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi normal.

Kadar asam urat bisa tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Masalahnya, saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Jadi siapa saja yang mengonsumsi makanan dengan purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi pula. Termasuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahkan masih berusia remaja.

Semakin hari, semakin banyak orang yang tidak memerhatikan pola makan dan apa saja kandungan dari makanan yang dikonsumsi. Hal inilah yang membuat pola makannya menjadi buruk dan dapat meningkatkan risiko asam urat.

Asam urat pada usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Ini artinya mereka yang memiliki anggota keluarga berpenyakit asam urat berisiko mengalami kondisi yang sama. Apalagi kalau Anda juga kurang menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.


sumber:hellosehat.com

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar