Cegah dan atasi bibir kering dengan mudah

id bibir kering,lipbalm,lipstik,mulut kering

Cegah dan atasi bibir kering dengan mudah

Ilustrasi bibir kering (shutterstock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Bibir sehat akan terlihat lebih indah dan menarik. Untuk membuatnya tetap sehat, bibir juga perlu perawatan. Berikut ini merupakan cara untuk mencegah supaya bibir tidak kering, seperti dilansir dari howstuffworks.com.

1. Jangan menjilat bibir
Anda sudah tahu kan, kalau ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

2. Minum banyak air
Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibir Anda tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir Anda sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

3. Memakai lip balm
Lip balm membuat bibir Anda tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibir Anda dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15, di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

4. Pilih lipstik yang sesuai
Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir Anda karena alkohol cepat menguap. Namun, karena alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibir Anda.

5. Lindungi bibir Anda dari paparan bahan kimia ketika Anda sedang menggunakan produk perawatan wajah
Produk perawatan wajah, seperti krim anti jerawat, krim anti penuaan, atau masker, biasanya mengandung bahan kimia yang ditujukan untuk mengangkat lapisan kulit mati atau untuk mengeringkan jerawat. Ingat, bibir Anda mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah Anda. Sehingga jika bibir Anda terpapar bahan kimia ini, maka bibir Anda akan kering. Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir Anda untuk menghalangi bibir Anda terpapar bahan kimia tersebut.


sumber:hellosehat.com