Jerawat karena hormon bisa diatasi dengan ini

id jerawat,hormon,Tea tree oil,Teh hijau,Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Jerawat karena hormon bisa diatasi dengan ini

Komedo pada wajah wanita. (shutterstock)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Acne vulgaris atau jerawat karena hormon  muncul sebagai akibat dari adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Terutama karena adanya peningkatan hormon androgen seperti testosteron.

Jika Anda termasuk orang yang takut menggunakan obat jerawat dari dokter, maka Anda bisa menggunakan berbagai cara berikut untuk mengatasi jerawat karena hormon yang masih tergolong ringan.

1. Tea tree oil

Tea tree oil alias minyak pohon teh dikenal mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat. Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa sebanyak lima persen tea tree oil yang dioleskan langsung dapat membantu menghilangkan gejala jerawat ringan hingga sedang.

Anda bisa menggunakan produk tea tree oil yang terdapat di berbagai produk perawatan kulit seperti pembersih wajah atau minyak esensial. Namun, jika hendak menggunakan minyak esensial pastikan untuk mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Jangan lupa untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak esensial ke kulit. Oleskan bagian yang telah diencerkan ke lengan bawah bagian dalam. Kemudian lihat reaksinya selama 24 jam pertama. Jika tidak menimbulkan reaksi negatif maka Anda mulai bisa menggunakannya di wajah yang berjerawat.

2. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Sebagai salah satu usaha untuk mengatasi jerawat karena hormon, Anda bisa minum teh hijau setiap harinya. Selain diminum, Anda juga bisa menggunakan losion atau gel jerawat yang juga mengandung minimal dua persen ekstrak teh hijau.

3. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kelompok asam alami yang berasal dari tanaman. AHA dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang berlebih dan menyumbat pori. Pori yang tersumbat merupakan salah satu faktor penyebab jerawat yang sudah tidak asing lagi.

Anda bisa menemukan AHA dalam produk perawatan kulit yang banyak dijual di pasaran. Namun, karena AHA dapat meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar matahari maka selalu gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.


sumber: hellosehat.com