Barut gelar lokakarya tari dan musik tradisional

id lokakarya,tari dan seni suara,pemkab barito utara,workshop tari

Barut gelar lokakarya tari dan musik tradisional

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olaharaga Barito Utara menggelar workshop pelatihan dasar-dasar tari dan dasar-dasar musik tradisional serta pelatihan dasar-dasar vokal di gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat . (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)-Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menggelar kegiatan lokakarya pelatihan dasar-dasar tari dan dasar-dasar musik tradisional serta pelatihan dasar-dasar vokal.
    
"Kebudayaan tidak terlepas dari seni dan selalu berhubungan dengan kearifan lokal yang tumbuh di masyarakat," kata Bupati Barito Utara  Nadalsyah melalui Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat Arbaidi di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, Kabupaten Barito Utara adalah salah satu kabupaten yang memiliki seni budaya pesisir dan pedalaman yang berkembang dan masih dimunculkan pada kegiatan tertentu. 

Mengingat strategisnya festival 'Iya Mulik Bengkang Turan' dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya lokal serta sebagai media untuk menampilkan kreatifitas para seniman dan pelaku seni yang ada di daerah ini.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini karena kegiatan pelatihan ini akan berpengaruh signifikan terharap pengembangan, pelestarian dan juga upaya peningkatan apresiasi masyarakat terhadap budaya lokal di Kabupaten Barito Utara," katanya.

Pada masa sekarang, kata dia, pengetahuan tentang seni budaya lokal termasuk dalam pelajaran muatan lokal. Pengetahuan lokal mengenai seni tari dan seni suara inilah yang perlu diapresiasi dan disampaikan kepada masyarakat.

Mengingat seni tari dan seni suara adalah jenis seni pertunjukannya yang diminati oleh masyarakat saat ini, baik pada kegiatan festival Iya Mulik Bengkang Turan maupun festival budaya Isen Mulang.

"Harapan saya, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan para seniman lokal, pelatih tari, guru muatan lokal dalam mengembangkan wawasan penajian tari, konduktor, teknik vokal dan teknik penyajian paduan suara. Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan," ucapnya.

Pada kegiatan lokakarya tersebut dihadiri Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati, para pelajar dari tingkat SD, SMP dan SLTA serta sanggar tari yang ada di Kabupaten Barito Utara.