Pemkab apresiasi raihan prestasi Sanggar IAAS Kapuas

id Pemkab kapuas, tim sanggar iaas kapuas, Sanggar Seni Budaya Ije Atei Anak Sakula SMK Negeri 1 Kuala Kapuas, seni dan tari, kebudayaan, kuala kapuas, k

Pemkab apresiasi raihan prestasi Sanggar IAAS Kapuas

Tim Sanggar IAAS pada Gebyar Pemuda 2022 se-Kalteng di Gedung Indoor Tuah Pahoe, Palangka Raya, belum lama ini. (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Prestasi yang membanggakan diraih Sanggar Seni Budaya Ije Atei Anak Sakula SMK Negeri 1 Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, sebagai juara satu terbaik dalam Lomba Tari Kreasi Daerah Kalimantan Tengah, tingkat pelajar pada kegiatan Gebyar Pemuda 2022 di Palangka Raya.

“Kepada Tim Sanggar IAAS Kapuas, selamat atas prestasi yang diraih hingga dapat membawa harum nama Kabupaten Kapuas," ucap Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kapuas, Suparman di Kuala Kapuas, Jumat.

Suparman berharap agar sanggar-sanggar di Kapuas terus mengukir prestasi untuk mengharumkan nama Kapuas baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional.

Dia mendorong agar generasi muda di kabupaten setempat terus memacu diri mengembangkan kemampuan, untuk terus berkreasi dan berinovasi guna mengukir berbagai prestasi.

Baca juga: Legislator apresiasi program 'Wadai Apam' jadi ajang pertemuan para tokoh di Kapuas

Sementara itu, Penata Tari Sanggar IAAS Fahrul R menjelaskan, persiapan lomba dilakukan sekitar satu bulan dengan memodifikasi tarian juara satu pada Lomba Tari Tunggal FLS2N tingkat provinsi dan mewakili ke nasional pada 2022. Kemudian dimodifikasi kembali menjadi tari kelompok.

Tarian ini diangkat tentang Laluhan (Laluh) yang terinspirasi dari Upacara Adat Laluhan yang menjadi agenda rutin pemerintah daerah setempat, pada puncak Hari Jadi Kapuas sebagai salah satu Ikon Wisata Budaya Kabupaten Kapuas.

Melalui prestasi yang diraih, diharapkan adanya perhatian pemerintah kepada para pelajar khususnya pemuda-pemudi yang berbakat di bidang seni budaya daerah, agar bisa memberikan pembinaan yang lebih baik lagi untuk bisa mengharumkan nama Kapuas.

Baca juga: Warga Pulau Telo harapkan adanya sekolah dasar