Puluhan Kepsek TK dan SD dikumpulkan Disdik Lamandau

id kabupaten lamandau,pemkab lamandau,Meigo ,Kepala Diddikbud Lamandau,kepsek se-lamandau

Puluhan Kepsek TK dan SD dikumpulkan Disdik Lamandau

Sebanyak 53 kepala sekolah TK/PAUD, SD/MI mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Kelulusan di aula BKD Kabupaten Lamandau, Rabu (21/11/18). (Foto Antaranews Kalteng/Koko Sulistyo)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah, menguimpulkan 53 kepala sekolah setingkat TK/PAUD, SD/MI sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam mengelola sekolah.

Dikumpulkannya puluhan kepsek itu juga bertujuan agar mampu mengelola perubahan sekolah secara efektif dalam menjamin terwujudnya keunggulan pemenuhan standar kompetensi kelulusan, kata Kepala Diddikbud Lamandau Meigo di Nanga Bulik, Rabu.

"Kami juga ingin kepses memahami dan merealisasikan standar isi, proses dan penilaian dalam melaksanakan kurikulum melalui penerapan management perubahan di sekolah. Jadi, kami kumpulkan dan berikan bimbingan teknis selama tiga hari," ucapnya.

Dikatakan, sejatinya guru merupakan komponen yang sangat penting  dalam keberhasilan penyelenggaraan pendidikan formal di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan guru yang berkualitas dan profesional dalam memberikan pendidikan ilmu pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran dan jenjang yang diampunya. 

Kemudian untuk mendukung hal itu maka seorang guru perlu memiliki kompetensi, kepribadian Karena guru merupakan pendidik yang bertugas untuk mengembangkan karakter dan kepribadian peserta didik.

"Untuk memotivasi peserta didik membangun karakter positif yang sesuai dengan kepribadian masing - masing, dibutuhkan penguasaan kompetensi kepribadian dari seorang guru untuk membantu upaya pengembangan karakter siswa," kata Meigo.

Menurutnya pada tingkat operasional kepala sekolah adalah orang yang berada di garis depan yang mengkoordinasikan upaya peningkatan pembelajaran yang bermutu. Kepala sekolah diangkat untuk menduduki jabatan yang bertanggung jawab mengkoordinasikan upaya bersama mencapai tujuan pendidikan pada levelnya masing - masing.

Dia pun berharap melalui kegiatan tersebut dapat membentuk personaliti kepala sekolah yang tangguh, penuh keteladanan dan memiliki visi kepemimpinan. Hal ini yang diharapkan mampu meningkatkan dan memajukan pendidikan di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba.

"Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana bertukar pendapat dan mampu mempererat tali silaturahmi diantara para peserta, saya ingatkan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan bersungguh-sungguh," demikian Meigo.

Pembukaan kegiatan Bimtek bagi kepala sekolah tersebut dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamandau, pengawas sekolah serta narasumber dari Korwil Pengawas TK/SD serta ketua IGTKI Kabupaten Lamandau.