Tips atasi rasa kecemasan sosial

id cemas,kecemasan sosial,cara atasi,canggung,minder

Tips atasi rasa kecemasan sosial

ist (istimewa)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Sebagian Anda mungkin pernah merasa canggung saat bertemu dan berbincang dengan orang asing atau tak dikenal. Ini memang bukan masalah besar, namun waspadailah jika hal ini berkembang hingga membuat Anda tak ikut liburan bersama rekan-rekan, misalnya.

Profesor psikologi dari Universitas Nebraska-Lincoln, Debra Hope, PhD, seperti dilansir laman Health.com dikutip Selasa, pekan lalu mengatakan kondisi yang bisa disebut kecemasan sosial.

Bukan hanya membuat Anda mengorbankan hubungan pribadi, kecemasan semacam ini dapat menghambat karier Anda atau bahkan membuat Anda depresi atau menyalahgunakan alkohol.

Dia menyarankan Anda yang mengalami kecemasan sosial melawannya. Walau memang ini tak mudah.

Baca juga: Kenali ciri umum dari kecemasan sosial

Pikirkan saja, bagaimana jika Anda harus bertemu calon mertua untuk pertama kalinya atau wawancara kerja yang penting. Pertemuan sosial semacam ini dapat membuat cemas.

Kebanyakan orang menemukan cara untuk melawan cemas mereka, seperti mendapatkan ekstra waktu istirahat, menghindari kafein pada hari H atau mendengarkan lagu favorit untuk menenangkan diri mereka sebelum menghadapi situasi yang membuatnya cemas.

Ketika strategi ini gagal — ketika kecemasan sosial mengganggu kehidupan sehari-hari (mungkin Anda menolak wawancara kerja, atau Anda terlalu takut untuk berkencan karena Anda khawatir Anda akan merusak percakapan makan malam) — maka ini menjadi masalah klinis.

Pedoman Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental mendefinisikan kecemasan sosial sebagai ketakutan atau kecemasan yang signifikan dalam situasi sosial dan berlangsung selama enam bulan atau lebih.

Baca juga: Omega-3 mampu atasi gangguan kecemasan

Baca juga: Benarkah Yoghurt mampu kurangi kecemasan