Konsumsi baso dan es bersamaan akibatkan kanker, ternyata Hoaks

id hoaks,hoax,baso,kanker,es,Konsumsi baso dan es bersamaan akibatkan kanker

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Jakarta (ANTARA/Jacx) - Dalam sebuah postingan di media sosial melalui platform Facebook terdapat informasi melalui video bahwa mengkonsumi baso bersamaan dengan minum air es dapat mengakibatkan kanker.

Klaim   : Bahaya makan Bakso yang disertai dengan minum es dapat menimbulkan Kanker.
Rating  : Salam/Misinformasi

Penjelasan :
Penelusuran dari Tim Anti Hoaks dan Radikalisme Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengutip dari media, Dekan Fakultas kedokteran UI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam mengatakan informasi tersebut tidak benar. Menurutnya sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan penyebab pasti munculnya sel kanker dalam tubuh seseorang.

Sementara itu dalam sebuah kesempatan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan kepada masyarakat agar memperhatikan kesehatan lingkungan untuk mencegah dari terpapar  zat-zat penyebab kanker.

"Kanker itu secara teori pengaruh dari lingkungan, lingkungan itu cukup besar memengaruhi. Saya agak khawatir dengan kanker kalau lingkungan tidak diperbaiki kanker akan banyak sekali meningkat," kata Nila di Kementerian Kesehatan Jakarta, Kamis, saat menanggapi penyakit yang dialami Ustad Arifin Ilham.

Dia menjelaskan tentang zat yang sifatnya karsinogenik yang bisa memicu sel tubuh normal berubah menjadi sel kanker bila terpapar secara terus-menerus oleh zat karsinogen.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar