Begini cara mencegah pencurian penerangan jalan umum di Gunung Mas

id Begini cara mencegah pencurian penerangan jalan umum di Gunung Mas,PJU,Dinas Pekerjaan Umum,Karya

Begini cara mencegah pencurian penerangan jalan umum di Gunung Mas

Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan PJU pada DPU Kabupaten Gumas, Karya. (Foto Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah, akan meninggikan tiang penerangan jalan umum untuk mencegah pencurian perlengkapan lampu penerangan dengan sistem solar cell atau bertenaga Surya tersebut.

"Sebenarnya kita sudah memiliki 26 PJU solar cell yang terpasang di sejumlah wilayah di Kuala Kurun Kecamatan Kurun dan Kecamatan Tewah. Namun ada tiga buah solar cell yang telah terpasang di Bukit Saliron, Kecamatan Kurun hilang dicuri," ungkap kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gumas Champili melalui Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan PJU, Karya di ruang kerjanya, Senin (28/1/2019).

Karya menjelaskan, tahun ini Pemerintah Kabupaten Gunung Mas
menganggarkan dana sebesar Rp2,7 miliar untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya atau solar cell yang akan dipasang di sejumlah lokasi. Antisipasi akan dilakukan untuk mencegah terulangnya pencurian PJU seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, PJU solar cell yang hilang tersebut memang berada di wilayah yang relatif sepi, sehingga susah untuk dilakukan pemantauan dan pengawasan secara rutin. Disamping itu, tiang PJU solar cell yang hilang tingginya hanya sekitar lima hingga enam meter.

"Untuk tahun ini rencananya akan kami pasang di tempat yang ramai dan mudah dipantau yakni di Jalan Diponegoro, MT Haryono, dan DI Panjaitan di Kota Kuala Kurun. Tiangnya juga akan kita tinggikan hingga tujuh meter," ucapnya.

Jumlahnya akan disesuaikan dengan harga per unit dan besarnya anggaran yang tersedia. Namun sebelum itu pihaknya akan melakukan survei harga terlebih dahulu di beberapa tempat.

Sementara itu, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Ralyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Pundig S Merang mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk bersama-sama menjaga dan merawat PJU solar cell yang sudah dan akan dipasang.

“Fasilitas umum lainnya seperti sekolah, puskesmas dan lainnya juga harus dijaga, karena itu dibangun untuk kepentingan kita bersama,” kata Legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini.