Jalan tembus Lemo - Palangka Raya ditargetkan fungsional pada Lebaran

id jalan tembus lemo-palangka raya,bupati nadalsyah,jalan muara teweh-palangka raya

Jalan tembus Lemo - Palangka Raya ditargetkan fungsional pada Lebaran

Bupati H Nadalsyah didampingi Camat Teweh Tengah H Hery Jhon Setiawan dan aparatur Desa Lemo meninjau ruas jalan tembus Lemo, Rabu. (Ist)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah menargetkan jalan tembus Desa Lemo Kecamatan Teweh Tengah menuju Palangka Raya fungsional sebelum Lebaran pada Juni 2019 nanti.

"Saya mohon doa dan dukungan dari semua pihak, agar jalan tembus ini dapat secepatnya selesai.Sehingga masyarakat yang ingin mudik dapat menggunakan jalan alternatif tersebut," kata Nadalsyah disela-sela meninjau ruas jalan tersebut, Rabu.

Ruas jalan Desa Lemo ini nanti berintegrasi menuju jalan angkutan tambang bata bara PT KTC, kemudian dari kilometer 16 jalan perusahaan PT TOP menuju Simpang Batapah sepanjang 17 kilometer. 

Bila jalan selesai dikerjakan dan fungsional, maka jarak tempuh dari Muara Teweh - Palangka Raya dapat diperpendek sekitar 100 Km. Dari Muara Teweh - Palangka Raya melewati Buntok jarak tempuh sekitar sekitar 360 Km, tetapi bila melewati jalan tembus Desa Lemo - Jalan KTC - Jalan PT TOP - Km 16 - Batapah jaraknya berkurang menjadi  260 Km. 

"Ini akan bisa memangkas waktu dan biaya bagi masyarakat yang akan bepergian baik dari Muara Teweh-Palangka Raya maupun dari Palangka Raya-Muara Teweh," jelas Nadalsyah.


Bupati Barito Utara meminta kepada para pengusaha agar dapat membantu dalam pembangunan jalan tersebut, dimana dana dari Pemerintah Daerah sangat terbatas. 

Partisipasi pihak perusahaan dalam pengerjaan jalan sangat diharapkan, seperti saat ini pengerjaan jalan di motori oleh PT Mitra Barito Group, dengan dibantu perusahaan lainnya yang beroperasi di wilayah Kecamatan Teweh Tengah dan Montallat.

Bupati Barito Utara dalam peninjauan itu Nadalsyah didampingi Kadis Diskominfosandi M Iman Topik, Direktur Perusahaan Batara Membangun H El Rony, Camat Teweh Tengah H Hery Jhon Setiawan, Camat Montallat H Mastur dan Bidang Bina Marga Dinas PUPR setempat.


Baca juga: Bupati Barut jelaskan urgensi pembangunan jembatan

Baca juga: Pemkab Barito Utara lakukan studi kelayakan jembatan ini