Wabup Kapuas: Negara dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila

id Wabup Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor ,hari kesaktian pancasila,Negara dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila

Wabup Kapuas: Negara dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila

Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah H Muhammad Nafiah Ibnor saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila bertempat di halaman Kantor Bupati Kapuas, Sabtu (01/06/2019). (Foto Dinas Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah H Muhammad Nafiah Ibnor mengatakan, bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk  bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nila-nilai Pancasila, namun kita akui bahwa eksistensi di Indonesian baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini karena berkat Pancasila," ucap Nafiah Ibnor saat pada upacara  peringatan Hari Kelahiran Pancasila bertempat di halaman Kantor Bupati Kapuas, Sabtu.

Nafiah Ibnor juga mengatakan, bahwa Pancasila adalah sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi sehingga harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora fauna hingga aspek antropologis dan sosialogis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. 

Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila, kata Nafiah Ibnor, harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inklusifitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ''Bhinneka Tunggal Ika'," demikian Wabup Nafiah Ibnor.

Sementara itu, upacara pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila bertempat di halaman Kantor Bupati Kapuas yang di ikuti oleh unsur Forkominda Kabupaten Kapuas, pejabat eselon II,III, IV serta ASN dan pegawai kontrak di Lingkup Pemerintah Daerah setempat.