DPMD Kapuas tampilkan pakaian adat nusantara dalam Pawai Karnaval Budaya

id pemkab kapuas, dpmd kapuas, kuala kapuas, pakaian adat nusantara, pawai karnaval budaya

DPMD Kapuas tampilkan pakaian adat nusantara dalam Pawai Karnaval Budaya

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengenakan pakaian adat Jawa dalam Pawai Karnaval Budaya di Kapuas, (27/4/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menampilkan berbagai pakaian adat nusantara dalam Pawai Karnaval Budaya memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-73 Pemkab Kapuas.
 
“Kami ikut berpartisipasi dalam Pawai Karnaval Budaya ini, mengenakan berbagai pakaian adat nusantara,” kata Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Sabtu.
 
Dengan menampilkan beragam adat maupun budaya tersebut, pihaknya ingin menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika yang terus terjaga di kabupaten setempat.
 
“Kapuas merupakan miniatur Indonesia, beragam suku ada di Kapuas. Meski berbeda-beda, kita tetap satu,” katanya.
 
Budi yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini juga berharap persatuan yang sudah terjalin di daerah setempat agar terus terawat dan terjaga.
 
“Persatuan ini menjadi modal penting dalam menyukseskan pembangunan di Kota Kapuas,” tuturnya.

Baca juga: Ribuan peserta semarakkan Pawai Karnaval Budaya di Kapuas
 
Sementara itu ribuan peserta pejalan kaki dan mobil hias berpartisipasi menyemarakkan Pawai Karnaval Budaya tersebut. Pawai ini diharapkan menjadi sarana untuk mengenalkan kebudayaan.
 
Selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat kabupaten setempat, sekaligus untuk menggali lagi potensi-potensi kebudayaan dan bisa dikembangkan lebih optimal. Termasuk sebagai salah satu modal untuk bisa memperkenalkan kebudayaan daerah ke tingkat nasional.
 
Para peserta pawai juga menampilkan mobil hias yang melewati rute Jalan Tambun Bungai depan Bank Kalteng - Jalan Melati - Jalan Teratai - Jalan A.Yani - Jalan Tambun Bungai dan belok ke Jalan Maluku finis di depan kantor Bulog Kapuas.
 
Peserta pawai yang terdiri dari sejumlah organisasi pemerintah dan BUMD serta BUMN juga ikut berpartisipasi. Selain itu, organisasi kemasyarakatan, sekolah, kebudayaan, seniman serta sejumlah pemuda olahraga ikut serta, dan penuh antusias mengikuti pawai yang dimulai di kawasan Stadion Olahraga Panunjung Tarung jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.

Baca juga: Yowen-Faulieen Agustina pemenang Jagau Linga dan Bawi Kameluh

Baca juga: JCH Kapuas diberi pembinaan dan vaksinasi

Baca juga: Pemkab Kapuas matangkan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji