JCH Kapuas diberi pembinaan dan vaksinasi

id JCH Kapuas diberi pembinaan dan vaksinasi, kalteng, kapuas, haji, jch, jamaah haji

JCH Kapuas diberi pembinaan dan vaksinasi

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melaksanakan pembinaan dan vaksinasi Meningitis Meningokokkus bagi Jemaah Calon Haji Kapuas, Kamis (25/4/2024). ANTARA/HO-Dinkes Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 317 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, diberikan pembinaan dan vaksinasi meningitis meningokokkus oleh Dinas Kesehatan setempat, Kamis.

“Kegiatan pembinaan dan vaksinasi dilaksanakan selama dua hari, bertempat di Masjid Agung Al Mukarram  Amanah Kuala Kapuas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan di Kuala Kapuas.

Dalam kegiatan ini, dilakukan juga pemeriksaan kesehatan untuk melihat kondisi kesehatan terkini seluruh jemaah, dengan melibatkan petugas sebanyak 25 orang yang terdiri dari dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya, untuk melayani 317 orang jemaah calon haji kabupaten setempat.

“Hasil pemeriksaan kesehatan untuk dasar pemberian vaksinasi dan bahan untuk memberikan pembinaan/edukasi kepada jemaah,” katanya.

Baca juga: Pemkab Kapuas matangkan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Agama Kapuas, Kantor Urusan Agama (KUA) seluruh kecamatan atas bantuan dan kerjasamanya, sehingga pelaksanaan pembinaan dan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar.

“Kegiatan pembinaan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran jemaah dalam mempersiapkan diri sebelum keberangkatan agar selalu dalam kondisi sehat walafiat. Dan vaksinasi meningitis meningokokkus bertujuan untuk memberi perlindungan kepada jemaah agar terlindungi dari penularan penyakit,” jelasnya.

Sebelumnya, untuk JCH Kapuas tahun 2024 yang berangkat melaksanakan ibadah haji berjumlah 317 JCH yang mana terbagi ke dalam tiga kloter, yakni kloter 3, 5 dan 6 dengan rincian 169 jamaah Kapuas tergabung ke dalam kloter 3, sebanyak 43 jamaah tergabung ke dalam kloter 5 dan 105 jamaah tergabung ke dalam kloter 6.

Sedangkan untuk tanggal keberangkatan, untuk kloter 3 diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarmasin pada tanggal 14 Mei 2024, kloter 5 pada tanggal 16 Mei 2024 dan kloter 6 tanggal 18 Mei 2024 mendatang.

Baca juga: DPMD gandeng UMKM tampilkan produk unggulan desa di Expo Kapuas

Baca juga: Upaya pengembangan kebudayaan di Kapuas melalui festival budaya diapresiasi

Baca juga: DPMD Kapuas gandeng ULM kembangkan BUMDes