Pemkab Kapuas matangkan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji

id Pemkab Kapuas matangkan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji, kalteng, kapuas, haji, jch

Pemkab Kapuas matangkan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji

Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan pelepasan/pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kapuas musim haji tahun 1445H/2024 M, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Kamis (25/4/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar rapat koordinasi untuk mematangkan persiapan pelepasan atau pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) musim haji tahun 1445H/2024 M asal daerah setempat.

“Untuk jamaah calon haji Kabupaten Kapuas tahun 2024 yang berangkat melaksanakan ibadah haji berjumlah 317 JCH yang terbagi ke dalam tiga kloter,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kapuas Mujiono saat rapat yang dilaksanakan di rapat rapat Kantor Bupati Kapuas, Kamis.

Rapat ini dipimpin Mujiono bersama Kepala Kementerian Agama Kapuas Hamidhan. Rapat dihadiri juga Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Teras, perwakilan Polres Kapuas, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Kapuas.

Jamaah calon haji asal Kapuas terbagi pada tiga kelompok terbang atau  kloter, yakni kloter 3, 5 dan 6. Sebanyak 169 jamaah Kapuas tergabung ke dalam kloter 3, sebanyak 43 jamaah tergabung ke dalam kloter 5 dan sebanyak 105 jamaah tergabung ke dalam kloter 6.

Baca juga: DPMD gandeng UMKM tampilkan produk unggulan desa di Expo Kapuas

Untuk tanggal keberangkatan, lanjutnya, untuk kloter 3 diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarmasin pada tanggal 14 Mei 2024, kloter 5 pada tanggal 16 Mei 2024 dan kloter 6 tanggal 18 Mei 2024 mendatang.

“Prosesi pelepasan para JCH nantinya direncanakan akan dilakukan di Rujab Bupati Kapuas. Dengan adanya rapat ini diharapkan kesiapan pelepasan dan keberangkatan jamaah calon haji tahun 2024 berjalan dengan lancar nantinya,” harapnya.

Sementara itu, ditambahkan Kepala Kemenag Kapuas, Hamidhan bahwa tema haji pada tahun ini adalah “Haji Ramah Lansia”. Untuk jamaah calon haji Kabupaten Kapuas terdapat 8 jamaah yang berusia di atas 77 tahun serta 7 jamaah yang berusia di atas 70 tahun.

“Untuk prosesi keberangkatan para jamaah nantinya agar tidak lebih dari 30 menit dan jamaah lansia diprioritaskan saat seremonial pelepasan nantinya. Untuk barang para JCH dikirim satu hari sebelum keberangkatan,” demikian Hamidhan.

Baca juga: Upaya pengembangan kebudayaan di Kapuas melalui festival budaya diapresiasi

Baca juga: DPMD Kapuas gandeng ULM kembangkan BUMDes

Baca juga: Pj Bupati minta OPD gandeng UMKM sebagai mitra di Kapuas Expo