Ribuan peserta semarakkan Pawai Karnaval Budaya di Kapuas

id pemkab kapuas, karnaval budaya, pawai, pj bupati kapuas, erlin hardi, kuala kapuas, kebudayaan dan pariwisata

Ribuan peserta semarakkan Pawai Karnaval Budaya di Kapuas

Pawai Karnaval Budaya Kabupaten Kapuas, Jumat (26/4/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Ribuan peserta pejalan kaki dan mobil hias berpartisipasi menyemarakkan Pawai Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
 
“Pawai Karnaval Budaya yang digelar ini, diharapkan menjadi sarana untuk mengenalkan kebudayaan daerah,” kata Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Selain sebagai sarana hiburan bagi masyarakat kabupaten setempat, sekaligus untuk menggali lagi potensi-potensi kebudayaan dan bisa dikembangkan lebih optimal. Termasuk sebagai salah satu modal untuk bisa memperkenalkan kebudayaan daerah ke tingkat nasional.
 
"Bisa juga meningkatkan nilai budaya dan berkontribusi positif bagi budaya kita dan dampaknya juga bisa menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat," terangnya.

Baca juga: Yowen-Faulieen Agustina pemenang Jagau Linga dan Bawi Kameluh
 
Adapun ragam pakaian adat dan budaya, di antaranya khas Dayak dikenakan para peserta pawai, sembari beberapa peserta menampilkan tari-tarian daerah, atraksi dan lainnya menambah semarak kegiatan.
 
Para peserta pawai juga menampilkan mobil hias yang melewati rute Jalan Tambun Bungai depan Bank Kalteng - Jalan Melati - Jalan Teratai - Jalan A.Yani - Jalan Tambun Bungai dan belok ke Jalan Maluku finis di depan kantor Bulog Kapuas.
 
Peserta pawai yang terdiri dari sejumlah organisasi pemerintah dan BUMD serta BUMN juga ikut berpartisipasi. Selain itu, organisasi kemasyarakatan, sekolah, kebudayaan, seniman serta sejumlah pemuda olahraga ikut serta, dan penuh antusias mengikuti pawai yang dimulai di kawasan Stadion Olahraga Panunjung Tarung jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.
 
Ketua Panitia Aswan mengatakan, Pawai Karnaval Budaya yang digelar tersebut, diikuti tiga ribu lebih peserta terdiri dari pejalan kaki dan mobil hias.
 
“Peserta terdiri dari dinas instansi pemerintah, BUMN dan BUMD serta organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah setempat,” demikian Aswan.

Baca juga: JCH Kapuas diberi pembinaan dan vaksinasi

Baca juga: Pemkab Kapuas matangkan persiapan pemberangkatan jamaah calon haji

Baca juga: DPMD gandeng UMKM tampilkan produk unggulan desa di Expo Kapuas