Dengan modal ratusan ribu, Decha menjadi enterpreneur sukses

id toko kue palangka raya, toko sscake,sscake kue,Dengan modal ratusan ribu Decha menjadi enterpreuner sukses

Decha menunjukan sertifikat kursus dan beberapa kue olahannya (Dok: Decharia)

Palangka Raya (ANTARA) - Berawal dari hobinya membuat kue, Decharia atau yang akrab disapa Decha (Deka) memulai usahanya berjualan kue di tahun 2012 hingga kini mampu membuka toko SSCake di Kota Palangka Raya dan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Awalnya karena memang hobi bikin kue dari jaman sekolah, terus suka iseng bikin dibagiin ke teman-teman. Nah setelah itu banyak teman yang kasih saran untuk jualan "kata Decha yang juga berprofesi sebagai penyanyi itu.

Usahanya dimulai dengan modal awal Rp600.000 yang didapatnya dari beasiswa. Uang itu digunakannya untuk menyicil membeli alat memasak dan bahan - bahan membuat kue.

Sebelum memiliki toko SSCake ia berjualan secara online dengan sistem pre order dan diantarkan ke pelanggannya. Kue pie susu jadi menu pertama yang ia jual.

"Karena sebelumnya sudah punya grup jualan kosmetik jadi aku tawarin aja lewat grup itu, dan ternyata pie susu lebih laku dari kosmetiknya" tambahnya.
 
Decha menunjukan kue olahannya (Dok: Decharia)


Selain jualan online, Decha juga pernah menumpang mobil temannya untuk menjual kue di pinggir jalan.

"Dari situ terus mutar uang dengan modal awal tadi, kadang ada tambahan dari hasil job nyanyi, semuanya dipenuhin secara pelan-pelan sesuai biaya yang aku punya" katanya.

Decha juga memiliki kerjaan lain sebagai penyanyi dan hasilnya digunakan untuk menambah biaya menyewa ruko.

Awal 2016 Decha mulai menyewa ruko di Jalan Yos Sudarso dan mulai mengembangkan bakatnya dengan menambah menu. Pada 2017, ia pindah ke ruko di Jalan G.Obos, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, hingga sekarang.

Semua resep kue yang ia buat adalah dari usahanya bereksperimen sendiri sebelum akhirnya ikut kursus di tahun 2018. Decha sudah dua kali mengikuti kursus membuat kue di luar kota. Pertama di Yogyakarta Decha mengambil kursus dengan menu premium lokal dan yang terakhir di Jakarta.

"Aku suka coba-coba resep, misalnya lihat di internet resep kue nanti pas bikin bahan-bahannya dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Kalimantan" jelasnya.
 
Decha menunjukan beberapa kue olahannya (Dok: Decharia)



Karena keinginannya untuk membuat masyarakat di Palangka Raya bisa menikmati kue-kue kekinian yang belum ada di Palangka Raya, Decha pun terus bereksperimen dan menambahkan menu jualannya.

"Setelah sewa ruko, aku makin banyak nambah menu, sering update kue-kue kekinian yang belum ada di Palangka Raya tapi rame di luar kota. Tujuannya sih biar orang sini bisa dengan mudah nyicipin kaya chesee cake dan lainnya " paparnya.

Kini SSCake sudah banyak dikenal masyarakat, bahkan tidak hanya di Kota Palangka Raya, Decha sering mengirim kue-kue nya ke luar kota sampai akhirnya dia membuka cabang toko SSCake di Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Kalau sudah mendekati Lebaran atau hari Natal itu pasti banyak pesanan, paling banyak pas Natal bisa sampai nggak ketampung semua pesanan" tandasnya.

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar