Akhiri persaingan, Jokowi segera diminta umumkan lokasi Ibu Kota RI

id Kalimantan Tengah, Kalimantan, ibu kota RI pemindahan ibukota RI, Teras Narang, Gubernur Kalteng

Akhiri persaingan, Jokowi segera diminta umumkan lokasi Ibu Kota RI

Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015, Agustin Teras Narang (Foto AntaraFoto) (/)

Palangka Raya (ANTARA) - Mantan Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 Agustin Teras Narang menyambut baik rencana Presiden Joko Widodo yang ingin memindahkan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia ke Pulau Kalimantan, dan harapannya dapat segera memutuskan  lokasi pastinya.

Mempercepat pengumuman tersebut sangat diperlukan sebagai upaya mengakhiri  terjadinya persaingan antara provinsi yang ada di Pulau Kalimantan dalam merebut lokasi Ibu Kota RI, kata Teras Narang melalui pesan singkat di Palangka Raya, Rabu.

"Saya lihat dan ikuti selama ini, sepertinya ada persaingan tiga provinsi di Kalimantan untuk merebut lokasi Ibu Kota RI. Apalagi ketiga lokasi itu pernah dikunjungi Presiden Jokowi, semakin memperkuat persaingan dan itu sangat kurang baik," ucapnya.

Adapun tiga provinsi di Kalimantan yang berpeluang menjadi lokasi baru Ibu Kota Pemerintahan RI yakni, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Kepala daerah di tiga provinsi itu beberapa pekan terakhir terkesan menonjolkan kelebihan daerahnya masing-masing.

Calon Anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024 itu mengatakan, menonjolkan kelebihan tiap masing-masing provinsi merupakan tindakan yang tepat. Hanya, beberapa pekan terakhir, ada pernyataan ataupun ungkapan yang kesannya menonjolkan kekurangan daerah atau provinsi lain.

"Masing-masing pihak dari ketiga provinsi itu menonjolkan kelebihannya dan mengungkapkan kekurangan daerah lain. Hal itu bahkan diungkapkan secara terbuka, baik itu melalui seminar, pandangan para pejabat daerah, cendekiawan, politisi, masyarakat dan lain sebagainya," ucapnya.

Baca juga: Isu perpindahan Ibu Kota RI picu pembakaran lahan, kata Sekda Kalteng

Mantan anggota DPR RI periode 1999-2004 dan 2004-2005 itu berharap, di mana pun nantinya diputuskan lokasi Ibu Kota Pemerintahan RI yang baru, hendaknya dapat diterima dengan baik dan mengakhiri segala persaingan secara langsung maupun tidak langsung yang terjadi selama ini.

Dia mengatakan pemerintah daerah di seluruh pulau Kalimantan harus tetap bersatu dan bersinergi dalam memajukan pembangunan dan memakmurkan serta mensejahterakan masyarakatnya. Dengan begitu, Pulau Kalimantan menjadi tempat sekaligus menghantarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai Negara maju dan kuat di dunia.

"Saya yakin seluruh kepala daerah dan masyarakat di Pulau Kalimantan mampu mewujudkan. Saya yakin itu. Dan, semoga dalam waktu tidak terlalu lama, Presiden Jokowi mengumumkan lokasi pasti Ibu Kota Pemerintahan RI yang baru," demikian Teras Narang.

Baca juga: Harga tanah di Gunung Mas mulai naik empat kali lipat

Baca juga: Jadi ibu kota negara, struktur ekonomi di Kalteng perlu diperhatikan