DPRD Kotim tinjau fasilitas dan pelayanan oksigen gratis RSUD

id DPRD Kotawaringin Timur,DPRD Kotim,Ketua Sementara DPRD Kotim,Rimbun,rumah oksigen di sampit

DPRD Kotim tinjau fasilitas dan pelayanan oksigen gratis RSUD

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, Muhammad Arsyat ketika mencoba layanan oksigen gratis di rumah sakit umum dr Murjani Sampit, Kamis (19/9/2019). (ANTARA/Untung Setiawan)

Sampit (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rimbun bersama delapan anggota lainnya meninjau pelayanan oksigen gratis di rumah sakit umum daerah dr Murjadi Sampit, Kamis.

"Kunjungan kami lakukan untuk melihat dan memastikan langsung apakah RSUD dr Murjani memang benar-benar menyediakan ruang oksigen untuk masyarakat yang sakit terdampak asap kebakaran hutan dan lahan yang beberapa bulan terakhir terjadi," kata Rimbun di sela-sela kunjungan.

Ruang oksigen tersebut disediakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kabupaten terhadap masyarakat yang sakit akibat dampak dari asap kebakaran hutan dan lahan. Selain di ruah sakit, ruang oksigen juga disediakan di 23 tempat, seperti Puskesmas dan layanan kesehatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Rimbun pun meminta kepada masyarakat agar tidak segan-segan memanfaatkan ruang oksigen yang ada di rumah sakit maupun Puskesmas karena untuk mendapatkan perawatan di ruang oksigen tidak dipungut biaya alias gratis.

Dengan adanya ruang oksigen gratis diharapkan dapat menekan angka penderita ISPA di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur karena kondisi udara di kabupaten tersebut saat ini pada level sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Informasi yang kami terima, untuk ruang oksigen di RSUD dr Murjani Sampit sudah berjalan dalam dua hari terakhir. Dan sejak disediakannya ruang oksigen tersebut cukup hanya masyarakat memanfaat layanan kesehatan gratis tersebut," ucapnya.

Sementara itu, dr Ary Wijayanto selaku perwakilan pihak rumah sakit umum dr Murjani Sampit mengatakan, pada hari pertama dibukanya pelayanan ruang oksigen ada sebanyak 25 orang yang diberikan pelayanan oksigen dan pada hari kedua sebanyak 18 orang.

Baca juga: Legislator: Kepedulian perusahaan sawit di Kotim terhadap karhutla rendah

Pihak rumah sakit dr Murjani Sampit memperkirakan jumlah kunjungan masyarakat di ruang oksigen nantinya akan bertambah, karena sekarang Kota Sampit masih diselimuti asap tebal.

Penyediaan ruang oksigen gratis di rumah sakit dr Murjani Sampit merupakan intruksi Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur. Mengingat asap akibat Karhutlah yang menyelimuti kabupaten setempat semakin pekat.

"Berdasarkan data, masyarakat yang mendatangi ruang oksigen untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berasal dari wilayah Kota Sampit dan sekitarnya. Mereka mengaku suit bernafas akibat asap," kata dr Ary.

Baca juga: DPRD dorong warga Kotim maksimalkan pemanfaatan ruang oksigen gratis

Baca juga: DPRD dorong warga Kotim maksimalkan pemanfaatan ruang oksigen gratis

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar