Pemprov Kalteng sinergikan program pusat dengan daerah di bidang koperasi dan UMKM

id Diskop ukm kalteng, dinas koperasi, ukm, umkm, usaha mikro, lies fahimah, kementerian koperasi, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, perekonomia

Pemprov Kalteng sinergikan program pusat dengan daerah di bidang koperasi dan UMKM

Kegiatan rakorda perencanaan pusat dan daerah bidang koperasi dan UMKM di Palangka Raya, Senin, (28/10/2019). (ANTARA/Ho-Diskop UKM Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) setempat, telah menggelar rapat koordinasi daerah membahas tentang program dan kegiatan milik Kementerian Koperasi dan UKM RI di daerah.

"Rakorda ini melibatkan seluruh perwakilan kabupaten dan kota dan rencananya akan berlangsung hingga hari ini," kata Kepala Diskop UKM Kalteng Lies Fahimah di Palangka Raya, Selasa.

Rakorda itu digelar untuk menyampaikan program dan kegiatan strategis milik kementerian pada tahun 2020 mendatang dan bisa disinergikan, serta ditindaklanjuti di daerah nantinya.

Kemudian sebagai bahan untuk dasar penyusunan rancangan awal program dan kegiatan tahun 2020 mendatang pada bidang koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Rakorda ini sangat strategis, sebagai forum maupun sarana melakukan koordinasi, konsolidasi serta sinkronisasi dalam rangka percepatan pembangunan di daerah," terangnya kepada ANTARA.

Lies mengharapkan, agar para peserta yang mewakili masing-masing pemerintah daerah di Kalteng, bisa memanfaatkan kegiatan tersebut untuk membangun harmonisasi program dan kegiatan pembangunan koperasi serta UMKM.

Jika program dan kegiatan pada masing-masing daerah, maupun tiap jenjang pemerintahan berbeda dan tak saling bersinergi, maka hasil yang dicapai tentu tak akan semaksimal program dan kegiatan yang sudah bersinergi dengan baik.

"Upaya mengnyinergikan program dan kegiatan dari tingkat pusat ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota, yakni guna mewujudkan pemerataan pembangunan bidang koperasi dan UMKM tanpa adanya ketimpangan," tegas Lies.

Rakorda tersebut, sebelumnya dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng Yuel Tanggara dan dihadiri Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Victoria Simanungkalit. Diharapkan pengembangan koperasi dan UMKM di Kalteng bisa terus ditingkatkan di setiap tahunnya.

 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar