Tak hanya fasilitasi UMKM, Pemprov Kalteng juga beri pendampingan pada Ramadhan Festival

id pemprov kalteng, diskop ukm, ramadhan festival, umkm kalteng, ramadhan, kalimantan tengah

Tak hanya fasilitasi UMKM, Pemprov Kalteng juga beri pendampingan pada Ramadhan Festival

Pelaku UMKM menjual produknya pada Ramadhan Festival 1445 Hijriah di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya, (14/3/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memfasilitasi puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan maupun menjual berbagai produk yang mereka miliki pada gelaran Ramadhan Festival 1445 Hijriah.
 
"Pada Ramadhan Festival ini sebanyak 75 pelaku UMKM diberikan fasilitas untuk berjualan pada tenda yang telah Pemprov Kalimantan Tengah sediakan di kawasan Bundaran Besar," kata Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Kalteng, Norhani di Palangka Raya, Kamis.
 
UMKM yang difasilitasi tersebut tak hanya yang bergerak di sektor kuliner baik aneka ragam makanan dan minuman, tetapi juga kriya atau kerajinan, serta lainnya. Gelaran bazar dan UMKM pada festival ini diselenggarakan selama 21 hari sejak awal Ramadhan.
 
Tak hanya memfasilitasi pelaku UMKM untuk mempromosikan maupun menjual produknya, Diskop UKM Kalteng juga menyediakan stan khusus pada Ramadhan Festival untuk memberikan pelayanan kepada pelaku usaha maupun masyarakat.
 
"Kami juga memberikan pendampingan kepada masyarakat atau pelaku usaha di Ramadhan Festival ini. Bekerja sama dengan Halal Center, kami juga membantu pelaku usaha untuk dapat mengakses sertifikasi halal," terangnya.

Baca juga: Wagub paparkan kesiapan Kalteng mengantisipasi karhutla kepada Menko Polhukam
 
Norhani menjelaskan, kegiatan ini juga sebagai awal dari berbagai kegiatan lainnya pada 2024 untuk mendukung perkembangan dan kemajuan UMKM di Kalimantan Tengah. Setelah ini Pemprov Kalteng juga telah menyiapkan agenda Gebyar UMKM, meliputi festival kuliner, kriya dan lainnya.
 
Dia menyampaikan, berbagai program dan kegiatan pro UMKM ini sebagai implementasi komitmen Gubernur Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo mendukung pengembangan UMKM sebagai salah satu penggerak perekonomian daerah.
 
Sementara itu tampak Festival Ramadhan di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya ini dipadati masyarakat hari yang ingin mencari menu berbuka puasa hingga menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat terutama pada sore hari.
 
Apalagi selain bazar dan UMKM, juga dilaksanakan berbagai kegiatan lain pada Ramadhan Festival, seperti Pekan Anak Sholeh, Peragaan Busana Muslim, Lomba Habsyi, Lomba Qasidah, serta lainnya.