Gubernur Kalteng: Ramadhan momentum tingkatkan kepedulian kepada sesama

id pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, ramadhan, kalteng ramadhan festival, palangkaraya, kalteng, kalimantan tengah

Gubernur Kalteng: Ramadhan momentum tingkatkan kepedulian kepada sesama

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Ketua TP PKK Yulistra Ivo usai membuka Kalteng Ramadhan Festival 1445 Hijriah, Palangka Raya, Selasa (12/3/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabrang mengajak masyarakat, khususnya umat Islam di provinsi setempat, agar menjadikan Bulan Suci Ramadhan sebagai momentum memupuk rasa kepedulian terhadap sesama, terutama kepada anak-anak yatim piatu maupun orang tidak mampu.
 
"Dalam perjalanan hidup, harus dijalani dengan ikhlas dan tulus, berbagi bersama (orang-orang tidak mampu), apalagi ini bulan penuh ampunan, ayo berbagi, bersedekah, sebanyak-banyaknya, semampunya," kata Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa.
 
Gubernur mengingatkan agar masyarakat untuk memiliki semangat saling berbagi dan saling membantu antara satu dengan lainnya, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan lainnya.
 
"Jika kita mengikuti akhlak Rasulullah, maka kita akan selamat dunia dan akhirat," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng mulai tebar benur di Kawasan Tambak Udang BERKAH
 
Hal itu Sugianto Sabran sampaikan di sela pengajian yang dirangkai pembukaan Kalteng Ramadhan Festival 1445 Hijriah yang diselenggarakan Pemprov Kalteng, serta buka puasa bersama di halaman Istana Isen Mulang Palangka Raya.
 
Sementara itu Ustadz Riza Muhammad dalam tausiahnya menyampaikan kepada jemaah yang hadir, yakni Ramadhan tak hanya tentang menahan haus dan lapar, namun juga tentang bagaimana menahan diri dari hawa nafsu dan perilaku tidak terpuji.
 
"Menjadikan Ramadhan ini sarana untuk mengubah diri agar menjadi hamba yang diridhoi dan dicintai Allah SWT," ucapnya.
 
Adapun Kalteng Ramadhan Festival memiliki berbagai rangkaian, antara lain Bazaar Ramadhan, Pasar Takjil Ramadhan, Pasar Murah, Pekan Anak Soleh, Fashion Show Busana Muslim, Lomba Vocal Solo Qasidah, Lomba Bagarakan Sahur, Lomba Qasidah, Lomba Habsy, hingga Lomba Vlog Ramadhan.
 
Kalteng Ramadhan Festival ini salah satunya bertujuan menghadirkan ragam kegiatan positif dan bernuansa keagamaan, hingga mendukung sektor UMKM.
 
Festival ini diselenggarakan sejak 1-7 Ramadhan 1445 Hijriah, sedangkan bazar dan UMKM diselenggarakan sejak 1-21 Ramadhan 1445 Hijriah.

Baca juga: Pemprov Kalteng pastikan ketersediaan beras di wilayah barat hadapi HBKN

Baca juga: Pemprov Kalteng paparkan faktor potensi penyebab konflik sosial

Baca juga: Sosialisasi peraturan pengenaan sanksi, cegah pelanggaran SFR di Kalteng