Pejabat eselon IIB Gumas ikuti uji kompetensi JPT Pratama

id Pejabat eselon IIB Gumas ,Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing ,Pejabat eselon IIB Gumas akan dikukuhkan kembali sesuai potensi yang dimiliki

Pejabat eselon IIB Gumas ikuti uji kompetensi JPT Pratama

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing (tengah) didampingi Sekda Gunung Mas Yansiterson (kanan) dan Ketua Tim Asesor dari Universitas Paramadina Jakarta Tia Rahmania (kiri) saat membuka Seleksi Uji Kompetensi JPT Pratama lingkup Pemkab Gunung Mas, di aula BKPPD setempat, Jumat (1/11/2019). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Efrensia LP Umbing mengatakan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dilakukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki para pejabat eselon IIB.

“Kegiatan ini mandat peraturan bahwa ketika sudah menjalani jabatan minimal selama dua tahun, itu bisa dilakukan,” ucap Efrensia saat membuka Seleksi Uji Kompetensi JPT Pratama lingkup Pemkab Gumas, di Kuala Kurun, Jumat.

Dia menyebut, mengingat dirinya dan Bupati Gumas Jaya S Monong baru beberapa bulan menjabat sebagai kepala daerah, maka uji kompetensi ini dilakukan untuk mengetahui potensi pejabat eselon IIB.

Baca juga: Pemkab Gumas lakukan perampingan dan penggabungan OPD

Apalagi, lanjut dia, Pemkab Gumas sudah melakukan evaluasi kelembagaan, sehingga nantinya para pejabat itu akan dikukuhkan kembali, sesuai dengan potensi yang dimiliki. Evaluasi kelembagaan dilakukan untuk efisiensi dan efektivitas.

Dikatakan, hampir seluruh pejabat eselon IIB di lingkup Pemkab Gumas mengikuti uji kompetensi ini, kecuali Kepala Dinas Sosial yakni Budhy yang tidak dapat mengikuti uji kompetensi karena sedang sakit.

“Saya ingatkan kepada para peserta ujian agar jangan tegang. Ini proses yang memang harus dilewati, nanti kalau tidak dilakukan malah kami yang diprotes. Jadi saya minta ikuti saja prosesnya,” beber dia.

Baca juga: Masuki musim penghujan, Legislator minta Dinkes Gumas siap hadapi DBD

Diapun meminta kepada Tim Asesor yang berasal dari Universitas Paramadina Jakarta agar menilai secara adil dan apa adanya, sehingga nantinya kepala daerah dapat menempatkan orang-orang yang tepat di tempat yang tepat.

Nantinya, dari hasil uji kompetensi ini akan terlihat potensi dari para peserta. Diharapkan, mereka akan terpacu untuk terus meningkatkan kualitas diri, berinovasi demi kemajuan Kabupaten Gumas.

Para pejabat di lingkup Pemkab Gumas, lanjut dia, dituntut agar selalu meningkatkan kualitas diri serta melakukan berbagai inovasi, sehingga kedepan visi misi kepala daerah dapat tercapai.

“Kami ingin Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri dapat terwujud. Perangkat daerah ini yang membina masyarakat, sesuai bidang masing-masing,” demikian Efrensia.

Baca juga: Pilkades Serentak di Gumas belum terapkan e-voting

Baca juga: Calon anggota BPD diminta kampanye secara sehat

Baca juga: Pemilihan BPD serentak di Gumas cegah munculnya 'pemilih siluman'