Sugianto janjikan peningkatan sarana dan prasarana UPR

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, upr, universitas palangka raya, sugianto sabran, dies natalis, sdm, sumber daya manusia, pendidikan, sarp

Sugianto janjikan peningkatan sarana dan prasarana UPR

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Rektor UPR Dr Andrie Elia bersama jajaran aparatur UPR di Palangka Raya, Senin, (11/11/2019). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menegaskan, pemerintah provinsi siap mendukung serta membantu peningkatan sarana dan prasarana yang ada di Universitas Palangka Raya (UPR).

"Jangan sampai anak-anaknya semangat kuliah, namun sarana dan prasarananya tidak memadai," katanya di sela Dies Natalis ke-56 UPR di Palangka Raya, Senin.

Terkait hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Rektor UPR beserta jajaran, guna mengetahui apa saja yang diperlukan dan bisa dibantu pemprov.

Agar nantinya, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi bisa terakomodir semua kebutuhan, utamanya yang menjadi skala prioritas.

"Dari koordinasi yang kami lakukan, UPR masih memerlukan pembangunan gedung, peningkatan jalan di lingkungan kampus hingga pengadaan mobil ambulance," terangnya.

Selain komitmen pemprov yang ingin mengembangkan dan memajukan UPR, pihaknya juga berharap terciptanya sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam pelaksanaan pembangunan di daerah.

Agar pendapatan asli daerah bisa terus bertambah dan pada akhirnya, berdampak positif terhadap besaran alokasi dana untuk bidang pendidikan yang terus meningkat.

Sementara itu Rektor UPR Dr Andrie Elia menyampaikan, pada peraturan kementerian terkait dan perundang-undangan dalam membangun SDM melalui perguruan tinggi, perlu keterlibatan semua pihak termasuk pemerintah daerah.

"Jadi bukan hanya menjadi tanggung jawab kami pihak universitas maupun orang tua mahasiswa saja. Tetapi pemerintah pun punya peran dan tanggung jawab yang harus mereka jalankan," tegasnya.

Sehingga nota kesepahaman atau MoU yang UPR buat bersama pemprov sudah tertuang dalam aturan, bahwa dewan penyantun maupun pertimbangan ada unsur pemerintah daerah dan lainnya.

Setelah MoU barulah dibuat komitmen dan kegiatan sebagai perwujudannya, salah satunya seperti pelaksanaan program bidik misi oleh pemprov. Sasarannya merupakan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

"Ini sangatlah bermanfaat dalam upaya memajukan dunia pendidikan yang ada di Kalteng. Kami pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemprov khususnya gubernur," jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, Dies Natalis ke-56 UPR, merupakan momen membangun dan memperkokoh kebersamaan menuju UPR Jaya Raya. Yakni UPR yang mampu membawa dan mengharumkan nama Kalteng secara regional, nasional bahkan dunia.