PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari terima penghargaan kontribusi pajak terbesar

id PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari terima penghargaan kontribusi pajak terbesar,Sukajadi,Pajak daerah,Unggul lestari

PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari terima penghargaan kontribusi pajak terbesar

Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor dan Kepala Bappenda Kotim Marjuki (tengah dan kiri, batik Kotim) berfoto dengan wajib pajak penerima penghargaan kontribusi terbesar pajak daerah, Selasa (12/11/2019) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Dua perusahaan besar perkebunan kelapa sawit di bawah naungan Musim Mas Group yaitu PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah atas kontribusi pajak daerah terbesar.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada wajib pajak yang telah memenuhi kewajibannya dengan baik. Kami berharap ini menjadi teladan bagi seluruh wajib pajak di Kotawaringin Timur," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memberikan penghargaan atas kontribusi terbesar terhadap penerimaan pajak daerah Kabupaten Kotawaringin Timur per 30 September 2019. Ada lima kategori penghargaan yaitu pajak daerah non PBB-P2, PBB-P2 individu/nonstandar, PBB-P2 tingkat kecamatan, PBB sektor perdesaan dan PBB sektor perkotaan.

PT Sukajadi Sawit Mekar memperoleh penghargaan untuk kategori PBB-P2 individu/nonstandar. Dari tiga wajib pajak penerima penghargaan tersebut, PT Sukajadi Sawit Mekar menduduki peringkat pertama meraih penghargaan atas kontribusi terbesar pertama.

Sementara itu PT Unggul Lestari meraih penghargaan pada kategori daerah non PBB-P2. PT Unggul Lestari meraih penghargaan atas kontribusi terbesar untuk pajak air bawah tanah.

Penghargaan tersebut sudah diserahkan saat rapat koordinasi pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Kotawaringin Timur yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Pendapatan Daerah.

Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor didampingi Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kotawaringin Timur Marjuki. Penyerahan penghargaan disaksikan ratusan undangan yang hadir, termasuk perwakilan dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kotawaringin Timur Marjuki mengatakan, PT Sukajadi Sawit Mekar berkontribusi terbesar terhadap pajak bumi dan bangunan perkebunan, perhutanan dan pertambangan (PBB-P3). Selain itu, perusahaan ini berkontribusi dalam PBB-P2 untuk objek pajak seperti kantor, gudang dan lainnya 

Sementara itu PT Unggul Lestari berkontribusi terbesar dalam pajak air tanah yakni pengambilan atau pemanfaatan air tanah oleh perusahaan atau badan.

Menurut Marjuki, penghargaan diberikan kepada wajib pajak yang secara aktif melaporkan volume yang dimanfaatkan dan aktif membayar setiap bulannya sesuai volume pemanfaatan.

"Penghargaan ini bentuk motivasi kepada wajib pajak yang kooperatif memenuhi kewajiban membayar pajak sesuai jenis objek pajak terhutang dengan harapan terus melaporkan kegiatannya secara transparan. Selama ini mereka aktif membayar, tidak pernah terlambat dan kooperatif. Kami berharap perusahaan lain juga mengikuti seperti ini," harap Marjuki.
 
Kepala Bappenda Kotim Marjuki saat mengumumkan nama-nama wajib pajak penerima penghargaan, Selasa (12/11/2019) lalu. ANTARA/Norjani

Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah Teuku Kanna menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah daerah. Perusahaan mereka berupaya selalu patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan, termasuk dalam hal kewajiban membayar pajak.

"Ini juga wujud komitmen perusahaan kami untuk berkontribusi terhadap daerah dan negara ini melalui pajak yang dibayar. Seperti diketahui, pajak yang terkumpul itu kan digunakan pemerintah untuk membangun daerah dan negara kita ini," kata Kanna.

Kanna menambahkan, Musim Mas Group juga terus berupaya meningkatkan kontribusi terhadap daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada berbagai bidang melalui program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang dijalankan.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar