Bedengan antisipasi banjir dijadikan tempat menanam cabai rawit

id kalimantan tengah,kalteng,proyek percontohan cabai rawit,cabai rawit,bank indonesia,bank indonesia kalteng

Bedengan antisipasi banjir dijadikan tempat menanam cabai rawit

BI Kalteng bersama Dinas Pertanian Kapuas melaksanakan penanaman perdana cabai rawit di Bedeng yang dibuat di Desa Bentuk Jaya, Selasa (26/11/2019). (ANTARA/HO-BI Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Kapuas beserta petani di wilayah setempat, memanfaatkan serta menjadikan bedengan pengantisipasi banjir sebagai lokasi proyek percontohan menanam cabai rawit.

Awalnya Bedengan di Desa Bentuk Jaya itu dibuat sebagai upaya mengantisipasi lahan petani di wilayah sekitar agar tidak kebanjiran lagi setiap musim hujan, Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng Setian melalui rilis di Palangka Raya, Selasa.

"Setelah selesai dibuat, kami dari BI Kalteng bersama Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, berupaya memanfaatkan bedengan tersebut dengan menggagas program integrasi cabai ikan," beber dia.

Setian membenarkan bahwa dana pembuatan bedengan antisipasi banjir di Desa Bentuk Jaya Kabupaten itu berasal dari pihaknya dan diberikan pada triwulan keempat  2019. Langkah itu untuk membantu petani di desa setempat tetap menanam sepanjang tahun, dan lahannya tidak lagi kebanjiran saat musim hujan.

Dia mengatakan di sekitar bedengan itu juga dibangun kolam yang nantinya digunakan lokasi untuk membudidayakan ikan. Dengan begitu, manfaat yang didapat dari bedengan tersebut bukan hanya mengantisipasi banjir, tapi juga lokasi menanam cabai rawit dan budidaya ikan.

"Hari ini sudah dilaksanakan penanaman perdana cabai rawit di sekitar bedengan tersebut. Semoga proyek percontohan ini hasilnya optimal, sehingga bisa menjadi tempat belajar petani lain," ucap Setian.

Baca juga: BI mencatat perputaran uang di Kalteng mengalami peningkatan

Adapun pelaksana  proyek percontohan integrasi cabai-ikan dilibatkan dalam proyek percontohan integrasi cabai-ikan itu yakni kelompok tani tergabung di Koperasi Berkah Nusa Bakti. BI Kalteng juga memberikan bantuan teknis seperti pelatihan terkait budidaya cabai rawit dan saprodi berupa pompa serta cultivator.

Dia mengatakan selain menjadi tempat belajar petani dari daerah lain, proyek percontohan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan produksi cabai rawit dan ikan di Kabupaten Kapuas. 

"Cabai rawit masih sering menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi di Provinsi Kalteng. Jadi, kami berharap adanya proyek percontohan ini, cabai rawit tak lagi menyumbang inflasi," demikian Setian.

Baca juga: Kesadaran masyarakat Kalteng terhadap transaksi nontunai meningkat

Baca juga: Pertumbuhan ekonomi Kalteng triwulan IV 2019 diperkirakan 6 persen

 

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar