Guru di Kotim diajak tingkatkan semangat pengabdian

id Guru di Kotim diajak tingkatkan semangat pengabdian,Kotawaringin Timur,Wakil Bupati,Taufiq Mukri,Sekretaris Daerah,Halikinnor,Sampit

Guru di Kotim diajak tingkatkan semangat pengabdian

Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri didampingi Sekretaris Daerah Halikinnor memberangkatkan peserta jalan sehat HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional ke-25 di Taman Kota Sampit, Minggu (1/12/2019). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah HM Taufiq Mukri mengajak guru di daerah ini terus meningkatkan semangat pengabdian demi peningkatan dan pemerataan kualitas sumber daya manusia.

"Kalau guru bersemangat dan tulus dalam mengabdi, Insya Allah hasilnya akan lebih baik. Makanya kami mengajak guru untuk terus bersemangat dalam menjalankan tugas," kata Taufiq di Taman Kota Sampit, Minggu.

Ajakan itu disampaikan Taufiq saat acara jalan sehat memperingati hari ulang tahun ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia dan Hari Guru Nasional ke-25. Turut hadir Sekretaris Daerah Halikinnor dan Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Suparmadi.

Menurut Taufiq, dedikasi guru sangat penting dan menentukan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Peran besar ini harus disadari para guru sehingga diharapkan mereka bisa menjalankan tugas dengan optimal dalam mencerdaskan anak bangsa.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan sarana pendidikan dan menambah jumlah guru dengan tujuan percepatan pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan hingga ke kawasan pelosok. Upaya-upaya itu dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas pembangunan daerah. Semua hal menjadi perhatian, mulai dari infrastruktur pendidikan, jumlah dan sebaran guru, hingga kesejahteraan guru.

Diakui, masih banyak hal yang harus dipenuhi dalam upaya meningkatkan dan pemerataan kualitas pendidikan di Kotawaringin Timur. Namun Taufiq berharap, dengan kekurangan dan keterbatasan yang ada saat ini, guru tetap berusaha maksimal dalam menjalankan tugas dan membantu pemerintah dalam mewujudkan salah satu hak dasar masyarakat yaitu pendidikan yang berkualitas.

Baca juga: Ruas jalan lintas Kotim-Seruyan dijanjikan segera mulus

"Kami berharap seluruh guru tetap bersemangat untuk memperjuangkan dunia pendidikan demi terciptanya sumber daya manusia handal dan Indonesia maju. Guru diharapkan mendukung program pemerintah di bidang pendidikan dan juga ekonomi kerakyatan," harap Taufiq.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan, saat ini jumlah guru di Kotawaringin Timur saat sebanyak 5.644 orang, terdiri dari PNS 2.749 orang, guru yayasan 1.376 orang, guru kontrak 425 orang dan guru honorer sekolah 1.123 orang.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendapat alokasi 213 formasi yang terdiri dari formasi tenaga pendidikan atau guru sebanyak 139 formasi, tenaga kesehatan 14 formasi dan tenaga teknis 60 formasi.

Baca juga: Pantai Ujung Pandaran prioritas pengembangan pariwisata Kalteng


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar