Masyarakat dua desa ini kini nikmati listrik berkat bantuan PT Sukajadi Sawit Mekar

id Masyarakat dua desa ini kini nikmati listrik berkat bantuan PT Sukajadi Sawit Mekar,PT SSM,Sukajadi sawit mekar,PLN Sampit,Kotim,Kotawaringin Timur

Masyarakat dua desa ini kini nikmati listrik berkat bantuan PT Sukajadi Sawit Mekar

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor (tengah) bersama manajemen PT Sukajadi Sawit Mekar, PT PLN ULP Sampit, camat, kepala desa dan warga saat peresmian penyaluran listrik dari perusahaan ini ke Desa Palangan dan Kenyala, Sabtu (21/12/2019). ANTARA/HO-PT SSM

Sampit (ANTARA) - Hari ini menjadi sejarah baru bagi masyarakat Desa Palangan Kecamatan Kota Besi dan Desa Kenyala Kecamatan Telawang karena kini desa mereka telah teraliri listrik berkat bantuan PT Sukajadi Sawit Mekar yang menyalurkan kelebihan energi mereka miliki kepada dua desa tersebut.

"Kami atas nama pemerintah daerah sangat berterima kasih karena bantuan dari PT Sukajadi Sawit Mekar ini sangat berarti bagi masyarakat di dua desa ini. Dengan masuknya listrik, kami berharap pembangunan dan kegiatan ekonomi masyarakat dua desa ini semakin meningkat," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Halikinnor hadir ke Desa Palangan meresmikan penyaluran kelebihan energi listrik dari pembangkit listrik energi batu terbarukan PLTBG PT Sukajadi Sawit Mekar untuk Desa Palangan Kecamatan Kota Besi dan Desa Kenyala Kecamatan Telawang kerjasama antara PT PLN (Persero) UIW Kalselteng dengan PT Sukajadi Sawit Mekar.

Halikinnor mengakui, hingga saat ini masih ada sejumlah desa yang belum tersentuh jaringan listrik PT PLN karena berbagai kendala dan keterbatasan pemerintah. Kepedulian PT Sukajadi Sawit Mekar menyalurkan kelebihan energi listrik yang dimiliki untuk membantu desa sekitar, sangat membanggakan.

Halikinnor berharap apa yang dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bernaung di bawah Musim Mas Group ini menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk membantu masyarakat, khususnya terkait kelistrikan. 

Perusahaan besar swasta diharapkan berpartisipasi membantu mengatasi kebutuhan listrik masyarakat, khususnya di desa-desa pelosok yang belum bisa dijangkau oleh jaringan listrik PT PLN.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas semua bantuan ini. Selama ini PT Sukajadi Sawit Mekar sudah banyak membantu pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya melalui CSR (program tanggung jawab sosial). Mudah-mudahan ini berkelanjutan," harap Halikinnor.

Camat Kota Besi Ninuk Muji Rahayu menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya atas bantuan yang diberikan PT Sukajadi Sawit Mekar. Listrik menjadi kebutuhan dasar yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PT Sukajadi Sawit Mekar yang telah bekerja sama dengan PT PLN dalam menyalurkan listrik ke Desa Palangan dan Kenyala karena hal ini telah lama diidam-idamkan oleh masyarakat desa di wilayah kami ini," kata Ninuk.

Ninuk juga berterima kasih kepada PT Globalindo Alam Perkasa yang belum lama ini telah memberikan reward kepada empat desa di Kecamatan Kota Besi yang berhasil mencegah desa mereka dari kebakaran hutan dan lahan.

Ninuk juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga dengan baik perusahaan-perusahaan yang telah bekerja dengan baik dan berkontribusi di Kecamatan Kota Besi, seperti PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Globalindo Alam Perkasa.


Rasa bangga juga diungkapkan Kepala Desa Palangan Anastasia Delik. Dia yakin masuknya listrik akan membawa banyak perubahan positif bagi desa dan kesejahteraan masyarakat desa mereka.

"Dengan listrik masuk ke desa maka perekonomian warga Palangan diharapkan terangkat dan sejahtera. Untuk saat awal ini saja warga Palangan telah dapat berhemat untuk biaya listrik (dibanding selama ini menggunakan genset) sehingga warga dapat menggunakan keuangannya untuk usaha produktif lainnya," ujar Delik.
 
Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor (tengah) bersama manajemen PT Sukajadi Sawit Mekar, PT PLN ULP Sampit, camat, kepala desa dan warga saat peresmian penyaluran listrik dari perusahaan ini ke Desa Palangan dan Kenyala, Sabtu (21/12/2019). ANTARA/HO-PT SSM

Manager PT PLN ULP Sampit Adman menyampaikan terima kasih kepada PT Sukajadi Sawit Mekar yang telah bersedia membantu PT PLN ULP Sampit dalam memperbesar rasio elektrifikasi di wilayah sekitar perusahaan.

"Dengan adanya kerjasama dengan PT Sukajadi Sawit Mekar ini tentunya akan mempermudah program PT PLN dalam menyalurkan listrik ke desa-desa di Kabupaten Kotawaringin Timur," ujar Adman.

Sementara itu, Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah Teuku Kanna mengatakan, PT Sukajadi Sawit Mekar menyisihkan kelebihan daya listrik yang ada dihasilkan perusahaan untuk membantu pasokan listrik ke desa tersebut. Diperkirakan ada 600 rumah di dua desa itu yang mendapat aliran listrik. 

Membantu memasok daya untuk PT PLN bukan hal baru bagi PT Sukajadi Sawit Mekar. Selama ini setiap hari perusahaan ini memasok daya sebesar 1 Megawatt ke jaringan kelistrikan di Kecamatan Telawang.

Pihak perusahaan senang bisa membantu masyarakat dan daerah, termasuk dalam hal kelistrikan ini. Kesediaan PT Sukajadi Sawit Mekar bekerjasama dengan PT PLN bukan didasari pada orientasi profit, tetapi lebih pada keinginan membantu agar masyarakat desa bisa menikmati kenyamanan dengan masuknya jaringan listrik ke desa mereka.

"Kami bersama PT PLN bahu membahu untuk membantu menangani masalah kelistrikan di pelosok desa. Dengan kerjasama ini, mudah-mudahan keinginan pemerintah menerangi seluruh desa bisa terlaksana lebih cepat," kata Kanna.

Kanna menegaskan, dalam hal ini perusahaannya bertugas memasok daya ke jaringan induk PT PLN, sedangkan teknis penyambungan ke rumah-rumah warga dan masalah lainnya seperti administrasi dan pembayaran, merupakan urusan PT PLN dengan warga.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar siap pasok listrik terangi dua desa

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari terima penghargaan kontribusi pajak terbesar