PT Sukajadi Sawit Mekar siap pasok listrik terangi dua desa

id PT Sukajadi Sawit Mekar siap pasok listrik terangi dua desa,SSM,Sukajadi Sawit Mekar,PLN,Listrik,Kotawaringin Timur,Sampit

PT Sukajadi Sawit Mekar siap pasok listrik terangi dua desa

Tim dari PT Sukajadi Sawit Mekar, PT PLN serta Kepala Desa Palangan dan Kenyala menjelaskan kepada warga terkait rencana pasokan listrik dari PT Sukajadi Sawit Mekar ke desa mereka. ANTARA/HO-PT SSM

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit PT Sukajadi Sawit Mekar siap membantu PT Perusahaan Listrik Negara memasok listrik untuk menerangi dua desa di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

"Kami bersama PT PLN bahu membahu untuk membantu menangani masalah kelistrikan di pelosok desa. Dengan kerjasama ini, mudah-mudahan keinginan pemerintah menerangi seluruh desa bisa terlaksana lebih cepat," kata Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah Teuku Kanna di Sampit, Selasa.

PT Sukajadi Sawit Mekar yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group akan menyisihkan kelebihan daya listrik yang ada dihasilkan perusahaan mereka untuk membantu pasokan listrik ke desa. Dua desa yang akan menerima pasokan listrik tersebut adalah Desa Palangan Kecamatan Kota Besi dan Desa Kenyala Kecamatan Telawang.

Diperkirakan ada 600 rumah di dua desa itu yang akan mendapat aliran listrik. PT Sukajadi Sawit Mekar sudah siap memasok daya tersebut, kini tergantung kapan PT PLN melakukan 'jumper' atau koneksi dari jaringan listrik perusahaan ke jaringan induk PT PLN.

"Secara prinsip dari kami sudah siap, tinggal teknis jumper oleh PT PLN. Kami harapkan sesuai target yaitu sudah tersambung sebelum akhir tahun ini," kata Kanna.

Membantu memasok daya untuk PT PLN bukan hal baru bagi PT Sukajadi Sawit Mekar. Selama ini setiap hari perusahaan ini memasok daya sebesar 1 Megawatt ke jaringan kelistrikan di Kecamatan Telawang.
 
PT Sukajadi Sawit Mekar, PT PLN serta Kepala Desa Palangan dan Kenyala berfoto bersama warga usai sosialisasi rencana pasokan listrik dari PT Sukajadi Sawit Mekar ke desa mereka. ANTARA/HO-PT SSM

Pihak perusahaan senang bisa membantu masyarakat dan daerah, termasuk dalam hal kelistrikan ini. Kesediaan PT Sukajadi Sawit Mekar bekerjasama dengan PT PLN bukan didasari pada orientasi profit, tetapi lebih pada keinginan membantu agar masyarakat desa bisa menikmati kenyamanan dengan masuknya jaringan listrik ke desa mereka.

Kanna menegaskan, dalam hal ini perusahaannya bertugas memasok daya ke jaringan induk PT PLN, sedangkan teknis penyambungan ke rumah-rumah warga dan masalah lainnya seperti administrasi dan pembayaran, merupakan urusan PT PLN dengan warga.

Untuk persiapan pasokan daya tersebut, kemarin dilakukan pertemuan dengan masyarakat dua desa tersebut. Hadir dalam pertemuan itu perwakilan PT Sukajadi Sawit Mekar, PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, Kepala Desa Palangan Delik dan Kepala Desa Kenyala Sahewan bersama warganya.

Pertemuan itu untuk mensosialisasikan hal-hal yang dianggap penting terkait rencana pasokan listrik ke dua desa tersebut. Masyarakat menyambut antusias karena selama ini mereka sangat mendambakan sambungan listrik agar bisa menikmati penerangan dan peralatan elektronik.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari terima penghargaan kontribusi pajak terbesar

Baca juga: PT MAS dan PT SSM salurkan beasiswa untuk mahasiswa asal desa sekitar perusahaan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar