Langkah Pangeran Harry-Meghan bisa sebabkan Kanada keluar biaya besar

id Pangeran Harry ,Pangeran Harry pindah ke kanada,Langkah Pangeran Harry - Meghan bisa sebabkan Kanada keluar biaya besar

Langkah Pangeran Harry-Meghan bisa sebabkan Kanada keluar biaya besar

Pangeran Inggris Harry dan sang istri Meghan, Duchess of Sussex, menggendong putra mereka Archie, bertemu dengan Uskup Agung Desmond Tutu (tak terlihat) di Desmond & Leah Tutu Legacy Foundation di Cape Town, Afrika Selatan, Rabu (25/9/2019). (REUTERS/Toby Melville)

Jakarta (ANTARA) - Pembayar pajak Kanada dapat menanggung jutaan dolar per tahun guna biaya keamanan, jika Pangeran Harry dan istrinya Meghan pindah ke sana, kata para pakar keamanan.

Pasangan yang secara resmi dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, mengejutkan Ratu Elizabeth dan seluruh keluarga kerajaan pekan ini dengan mengatakan bahwa mereka berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Amerika Utara.

Dilansir Reuters, walau pasangan itu belum mengatakan di mana mereka berencana untuk tinggal, banyak pengamat menunjuk Kanada sebagai pilihan logis. Pasangan ini menghabiskan enam minggu terakhir tahun 2019 di negara itu, bagian dari Persemakmuran Inggris di negara-negara di mana ratu jadi kepala negara.

Pemerintah Kanada kemungkinan akan memiliki kewajiban hukum untuk menyediakan petugas keamanan mengingat status kerajaan mereka, kata para pakar keamanan.

"Saya tidak yakin mereka dapat menolak keamanan dari pemerintah Kanada," kata Larry Busch, mantan perwira Polisi Kanada Kanada (RCMP) yang memimpin pengamanan bagi para pemimpin dunia termasuk presiden AS dan keluarga kerajaan.

Biayanya bisa mencapai jutaan dolar, kata Mike Zimet, di mana firma keamanan eksekutifnya di New York telah melindungi klien termasuk Senator AS Bernie Sanders dan aktor Lin-Manuel Miranda serta Alec Baldwin.

"Jika mereka menginginkan perlindungan pribadi, maka seluruh mesin perlu dibangun di sekitar mereka," katanya.

Tingkat keamanan yang mereka butuhkan akan ditentukan oleh seberapa besar ancaman yang dihadapi, kata Joe Balz, presiden GloProSec Preventative Services, sebuah perusahaan keamanan yang berbasis di Toronto, dan mantan perwira RCMP yang telah bekerja dengan keluarga kerajaan dan kepala negara lainnya.

"Selalu akan ada orang bodoh yang menyebabkan beberapa jenis masalah," kata Balz, menambahkan bahwa mereka akan lebih aman di Kanada daripada di Amerika Serikat, di mana undang-undang senjata jauh lebih longgar.

Pangeran Harry dan Meghan mengatakan mendapatkan otonomi keuangan adalah tujuan utama, tetapi menolak untuk mengatakan apakah ini meliputi biaya keamanan, menyatakan bahwa detail keamanan mereka diamanatkan oleh British Home Office.

Mereka juga perlu khawatir tentang penculikan putra mereka, Archie, kata Zimet, yang menyebut ancaman itu sebagai "situasi besar, terutama ketika menyangkut teroris. Menculik seorang anak, menahan mereka untuk tebusan, apa yang akan dilakukan orang tua?"

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar