Bazar rutin dorong pengembangan UMKM di Kalteng secara optimal

id Pemprov kalteng, kalteng, diskop ukm, dinas koperasi, usaha mikro kecil dan menengah, umkm, ukm, bazar, pelaku usaha, promosi, pemasaran, produk

Bazar rutin dorong pengembangan UMKM di Kalteng secara optimal

Pelaksanaan bazar UMKM di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Jumat, (14/2/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar bazar di halaman kantor gubernur setempat, guna mendorong serta mengoptimalkan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Kegiatan ini rencananya akan kami gelar rutin setiap satu bulan sekali, bertepatan dengan kegiatan senam bersama organisasi perangkat daerah (OPD)," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Aty Mulyati di Palangka Raya, Jumat.

Agenda tersebut merupakan satu dari banyak program dan kegiatan yang dilaksanakan Diskop UKM Kalteng melalui PLUT KUMKM, untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM di wilayah setempat.

Pada bazar itu ada sekitar 25 pelaku UMKM yang berpartisipasi memasarkan produknya kepada para peserta senam bersama. Kegiatan itu dinilai strategis, sebab jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang berpartisipasi cukup banyak.

"Usai senam bersama biasanya ASN kebanyakan mencari makanan maupun minuman ke luar, namun dengan adanya bazar ini mereka bisa langsung berbelanja," ucapnya di sela kegiatan.

Lebih lanjut Aty menjelaskan, tujuan utama yang hendak dicapai, yakni meningkatkan semangat para pelaku UMKM baik di bidang kuliner dan lainnya, agar semakin termotivasi dan bergairah dalam memasarkan produk yang mereka hasilkan.

Semakin banyak agenda yang digelar di tempat umum dan bersentuhan langsung dengan publik, maka semakin besar pula peluang produk yang dihasilkan pelaku UMKM dikenal dan diketahui oleh masyarakat.

"Bagi pelaku usaha lainnya yang tertarik berpartisipasi pada bazar rutin ini, bisa langsung berkoordinasi dengan pihak PLUT KUMKM yang ada di Palangka Raya," ungkap Aty.

Menurutnya, Diskop UKM Kalteng terus berupaya mendorong pelaku UMKM agar bisa meningkatkan kualitas produk maupun jangkauan pemasarannya, melalui berbagai program dan kegiatan yang telah disusun.

Sasarannya tak hanya pelaku UMKM di Palangka Raya, namun juga yang berada di seluruh kabupaten di Kalteng agar bisa berkembang dengan baik. Upaya itu dilakukan tentunya bersama dengan pemerintah kabupaten di masing-masing daerah.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar