Masyarakat Palangka Raya diimbau sukseskan Sensus Penduduk Online

id Masyarakat Palangka Raya diimbau sukseskan Sensus Penduduk Online,Palangka Raya,Wali kota

Masyarakat Palangka Raya diimbau sukseskan Sensus Penduduk Online

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin . ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengajak masyarakat yang berada di daerah itu untuk menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020.

"Masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di Kota Palangka Raya, mari kita sukseskan kegiatan Sensus Penduduk 2020 dengan mengisi formulirnya secara online," kata Fairid di Palangka Raya, Senin.

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, juga sudah melakukan sosialisasi mengenai jadwal sensus penduduk secara online. Harapannya agar masyarakat dengan sukarela mengisi data sensus penduduk berbasis online secara mandiri.

Sensus penduduk online itu dilaksanakan mulai 15 Fabruarihingga 31 Maret 2020, sedangkan untuk pendataan sensus penduduk secara manual akan dilakukan setelah dilakukan sensus penduduk online selesai.

"Mendaftar melalui online sangat mudah, awalnya buka laman sensus.bps.go.id kemudian pilih bahasa, lalu masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)," ucap Fairid.

Selanjutnya, isi kode yang tampak di bawah momor KK, lalu klik cek keberadaan. Buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan, lalu balik klik serta buat password untuk pengamanan data yang sudah dicatatkan di Sensus Penduduk Online.

Baca juga: Fairid Naparin janjikan jalan ini segera diaspal

"Setelah itu ada petunjuknya lagi dan semua data yang akan dimasukkan itu nantinya akan terekam dan yang bersangkutan sudah masuk dalam sensus penduduk secara online," bebernya.

Wali kota termuda se-Kalimantan Tengah itu menginformasikan, bahwa dirinya besok akan melakukan sensus penduduk online di rumah jabatan oleh petugas sensus setempat.

Hal itu dilakukan tidak lain agar masyarakat mencontoh bahwa pemimpin di daerahnya saja menyempatkan diri mengikuti sensus penduduk online dengan tujuan kepentingan pembangunan serta kemajuan daerah setempat.

"Rencananya besok jadwal saya disensus oleh petugas instansi terkait. Mengenai kapan waktu petugas datang ke rumah, saya belum memonitor," demikian Fairid.

Baca juga: Jalan tembus Lemo-Palangka Raya mulai dirigid


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar