Donald Trump mencemooh kemenangan 'Parasite' sebagai film terbaik Oscar

id Parasite, donald trump,Donald Trump mencemooh kemenangan 'Parasite' sebagai film terbaik Oscar

Donald Trump mencemooh kemenangan 'Parasite' sebagai film terbaik Oscar

Bong Joon-ho, sutradara "Parasite" berswafoto bersama pemeran Song Kang-ho, Cho Yeo-jeong dan Lee Sun-kyun di Blue House, Seoul, Korea Selatan, 20 Februari 2020 (REUTERS/KIM HONG-JI)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Donald Trump mencemooh pencapaian bersejarah "Parasite" dari Korea Selatan yang jadi film terbaik Oscar, ia mengatakan kepada hadirin kampanye dia berharap film klasik Hollywood seperti "Gone with the Wind" (1939) bisa kembali.

"Parasite", film satir kelam tentang kesenjangan si kaya dan miskin di Seoul, baru menjadi film berbahasa asing pertama yang membawa pulang penghargaan paling bergengsi di Hollywood. "Parasite" juga membawa tiga piala Oscar lain, sutradara terbaik dan skenario original terbaik untuk Bong Joon Ho dan film internasional terbaik.

"Seberapa jelek Academy Awards tahun ini?" tanya Trump saat berkampanye di Colorado Springs, Colorado, Kamis (20/2) waktu setempat. Meniru presenter Academy Awards, dia berkata, "Dan pemenangnya adalah film dari Korea Selatan."

Baca juga: 'Parasite' akan kembali tayang di sejumlah bioskop IMAX

"Apa-apaan itu? Kita sudah punya banyak masalah perdagangan dengan Korea Selatan. Dan setelah itu semua, mereka memberinya film terbaik tahun ini?" imbuh Trump.

"Bisakah kita mendapatkan lagi 'Gone With the Wind?' katanya di hadapan ribuan pendukung, merujuk pada film dengan latar belakang perang sipil Amerika Selatan yang menang film terbaik Oscar 80 tahun lalu.

Trump juga mengejek aktor Brad Pitt, pemenang Aktor Pendukung Terbaik untuk film "Once Upon a Time in Hollywood."

Mantan suami Angelina Jolie mengatakan dia mendapatkan waktu bicara lebih banyak, 45 detik, dibandingkan yang dimiliki mantan penasihat keamanan nasional John Bolton di sidang pemakzulan Trump.

"Saya tak pernah jadi penggemarnya," kata Trump tentang Brad Pitt.

Baca juga: 'Parasite' pecahkan rekor 'box office' setelah menang Oscar 2020

Baca juga: Mark Ruffalo dikabarkan akan bintangi serial adaptasi 'Parasite'

Baca juga: Film 'Parasite' akan tayang ulang di bioskop