Film 'Parasite' akan tayang ulang di bioskop

id Parasite,Film 'Parasite' akan tayang ulang di bioskop,piala oscar

Film 'Parasite' akan tayang ulang di bioskop

Sutradara asal Korsel Bong Joon Ho berfoto dengan Piala Oscar kategori Sutradara Terbaik untuk filmnya berjudul "Parasite" pada ajang Academy Awards ke-92 di Los Angeles, California, AS, Minggu (9/2/2020). Film Parasite berhasil memborong empat Piala Oscar yakni kategori Best Picture, Best Original Screenplay, International Feature Film (Foreign Language Film) dan Best Director. ANTARA FOTO/REUTERS/Lucas Jackson/aww.

Jakarta (ANTARA) - Neon selaku pemilik hak distribusi "Parasite" di Amerika Utara mengadakan penayangan ulang untuk film peraih Best Motion Picture atau film terbaik tersebut di 2.000 lokasi.

"Parasite" karya Bong Joon-ho adalah film non-bahasa Inggris pertama yang memenangi Oscar untuk kategori film terbaik. "Parasite" juga meraih tiga piala lainnya yakni Best Director, Best Original Screenplay dan Best International Feature.

Menurut Variety, Selasa, film telah meraih 1,6 juta dolar Amerika di 1.060 bioskop domestik selama akhir pekan Oscar. Jika diakumulasikan, pendapatan "Parasite" di Amerika Utara menjadi 35,5 juta dolar sejak pertama kali diputar awal Oktober.

Baca juga: 'Parasite' film Korea Selatan pertama yang menyabet piala Oscar

"Parasite" mengikuti jejak lima film berbahasa asing lain yang menjadi unggulan di Amerika Utara yakni "Crouching Tiger, Hidden Dragon" (128,1 juta dolar), "Life Is Beautiful" (57,2 juta dolar), "Hero" (53,7 juta dolar), "Instructions Not Included" (44,5 juta dolar) dan "Pan's Labyrinth" (37,6 juta dolar).

Meskipun "Parasite" telah tersedia di DVD sejak 28 Januari, namun prospek untuk kembali menjadi box office sangat besar. Tahun lalu "Green Book" yang menjadi pemenang film terbaik meraup 15 juta dolar setelah Oscar di Amerika Utara.

"The Artist" mengambil 29% (13 juta dolar) dari gross final setelah memenangkan film terbaik dan "Moonlight" mengumpulkan 20,2% dari total pendapatan setelah Oscar.

Baca juga: 'Parasite' raih 'Best Original Screenplay' di Oscar

"Parasite" tayang perdana pada bulan Mei di Festival Film Cannes, di mana ia memenangkan Palme d'Or. Neon, yang didirikan oleh Tom Quinn pada 2017, membeli hak untuk wilayah Amerika Utara dari produser CJ Entertainment di American Film Market pada 2018.

Di New York dan Los Angeles selama akhir pekan pada 11-13 Oktober 2019, "Parasite" membuka angka sebesar 393.216 dolar. Saat ini film tersebut telah meraup 130 juta dolar di pasar internasional. 

Baca juga: Seluruh pemain utama 'Parasite' akan hadiri Academy Awards 2020

Baca juga: 'Parasite' kembali raih dua penghargaan, kali ini dari BAFTA

Baca juga: Film 'Parasite' raih piala 'Best Cast' di SAG Awards

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar