Pusat perbelanjaan di Sampit gunakan pemindai suhu tubuh

id Pusat perbelanjaan di Sampit gunakan pemindai suhu tubuh,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Citimall,Virus corona,Covid-19,Kotim

Pusat perbelanjaan di Sampit gunakan pemindai suhu tubuh

Petugas Citimall Sampit mulai memeriksa setiap pengunjung menggunakan pemindai suhu tubuh untuk mencegah penularan virus corona jenis Covid-19, Sabtu (14/3/2020). ANTARA/Istimewa

Sampit (ANTARA) - Pusat perbelanjaan dan sejumlah hotel di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah kini mulai mewaspadai munculnya virus corona jenis Covid-19 dengan memeriksa setiap pengunjung menggunakan pemindai suhu tubuh.

"Pemeriksaan seperti ini dilakukan mulai malam ini dan seterusnya," kata Marketing Communication Citimall Sampit Chandra Saputra di Sampit, Sabtu.

Manajemen Citimall Sampit memutuskan melaksanakan anjuran pemerintah untuk mewaspadai berjangkitnya virus Covid-19. Meski saat ini belum ada ditemukan pasien 'suspect' Covid-19 di daerah ini, namun kewaspadaan dan pencegahan dinilai menjadi langkah sangat penting.

Setiap pengunjung yang akan masuk ke mal terbesar di Kalimantan Tengah ini, kini diperiksa oleh petugas menggunakan 'thermal scanner' atau pemindai suhu tubuh. Petugas di pintu masuk memberi pemahaman kepada pengunjung bahwa langkah ini merupakan upaya pencegahan merebaknya virus Covid-19.

Pengunjung diarahkan masuk melalui pintu utama untuk melewati pemeriksaan menggunakan pemindai suhu tubuh. Satu per satu pengunjung diperiksa kondisi suhu tubuhnya, tanpa terkecuali.

"Saat ini kami menggunakan satu alat, tapi ini lagi pesan untuk ditambah. Di Sampit tidak ada yang menjual alat itu, makanya harus pesan. Intinya tidak perlu panik, tapi kita tetap harus melakukan upaya pencegahan," kata Chandra.

Pemeriksaan ini sempat membuat kaget pengunjung karena mereka tidak menyangka pemeriksaan seperti ini kini juga mulai harus diberlakukan di Sampit. Namun pengunjung memahami dan berterima kasih.

Baca juga: Masyarakat belum ada terpapar, Kalteng aman dari virus korona

"Sempat kaget juga. Tapi, malah bagus. Ini artinya pihak mal sudah melakukan pencegahan sejak dini sehingga pengunjung yang masuk ke mal ini merasa tenang karena semua melalui pemeriksaan," kata Najmah, salah seorang pengunjung.

Tidak hanya Citimall Sampit, beberapa hotel di Sampit juga mulai menggunakan alat pemindai suhu tubuh untuk mendeteksi munculnya virus Covid-19. Setiap tamu yang hendak masuk ke hotel diperiksa menggunakan pemindai suhu tubuh untuk memastikan mereka tidak menderita gejala terjangkit Covid-19.

Sementara itu pemerintah daerah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19. Meski begitu masyarakat diminta tidak perlu panik menghadapi situasi ini.

Menjalankan pola hidup sehat seperti yang selama ini dijalankan melalui program Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dinilai menjadi cara efektif untuk mencegah terjangkit berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Baca juga: Kapolres Kotim apresiasi masyarakat jaga kamtibmas sukseskan pilkades

Baca juga: BKSDA Sampit pasang jerat tangkap buaya besar Desa Palangan