Fairid siapkan sembako bagi warga terdampak COVID-19

id fairid naparin, sembako gratis, palangka raya, covid-19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel c,Fairid siapkan sembako bagi w

Fairid siapkan sembako bagi warga terdampak COVID-19

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin menyiapkan paket bahan pokok (sembako) gratis untuk warga kota setempat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Semoga melalui paket sembako yang telah disiapkan itu dapat meringankan beban sebagian masyarakat di tengah gejala sosial dan ekonomi akibat merebaknya COVID-19," kata Fairid saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Minggu.

Meski demikian, dia enggan menyebutkan jenis bahan pokok yang disiapkan. Fairid juga tak mau menyebutkan jumlah paket bahan pokok yang disiapkan melalui dana pribadi.

Baca juga: Pelaku pariwisata diingatkan patuhi perpanjangan penutupan operasional

"Saya rasa tidak usah karena itu pribadi saja. Namun, kalau untuk yang disiapkan pemerintah kota nanti bisa saja diinformasikan lebih lanjut. Nanti yang dari pemerintah akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kota," kata Fairid.

Dia mengakui bahwa paket bahan pokok yang telah disiapkan itu tak mencukupi untuk seluruh warga di wilayah "Kota Cantik" tersebut. Untuk itu, pembagiannya didasarkan pada skala prioritas.

Kepala Daerah termuda di Provinsi Kalimantan Tengah itu berharap akan muncul para dermawan yang turut membagikan sebagian rezekinya untuk masyarakat kurang mampu dan memerlukan bantuan.

"Bukan jumlahnya yang diharap. Seberapa pun nilainya akan bermanfaat jika disampaikan pada orang yang tepat. Jika semua orang yang memiliki harta lebih ikut berkontribusi, jumlah bantuan yang terkumpul akan sangat banyak," katanya.

Fairid mengajak warga di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini meningkatkan rasa kepedulian sosial. Menghadapi pandemi COVID-19 ini perlu kebersamaan dan rasa saling menjaga antarsesama.

Baca juga: DPRD minta perusahaan terlibat aktif dalam penanganan virus corona

Dia mengatakan dukungan dan semangat dari orang-orang sekitar warga terpapar COVID-19 sangat diperlukan guna  menumbuhkan semangat untuk sembuh. Apalagi, kondisi dan daya tahan tubuh sangat diperlukan penderita dalam berjuang melawan virus ini.

Warga di Kota Palangka Raya pun diminta selalu menggunakan masker saat bepergian, selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) usai beraktivitas.

Selain itu, juga selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan jika mengalami gejala awal COVID-19 dan selalu makan makanan sehat serta bergizi guna menjaga imunitas tubuh.

Selanjutnya, selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain. Warga yang usai bepergian dari wilayah yang dinyatakan terdampak COVID-19 juga diminta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Jika terdapat tanda-tanda orang dengan gejala COVID-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal/tempat kerja masing-masing, segera melaporkan atau berkoordinasi melalui call center 082157336165, 08125086776, 082357720665 dan 0811523004.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tambah Rp20 miliar dana penanganan pandemi COVID-19

Baca juga: Ribuan masker di gudang Dinkes Kalteng raib dibobol pencuri

Baca juga: Pelaku pencuri ribuan masker di Dinkes Kalteng berhasil dibekuk dan terancam 7 tahun penjara