Stres kerja dari rumah? Begini cara mengatasinya

id Stres, atasi stres, usir stres, kerja dari rumah, work from home, wfh

Stres kerja dari rumah? Begini cara mengatasinya

Ilustrasi pekerja yang stres saat bekerja dari rumah (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Bekerja dari rumah memiliki dampak positif dan negatif, di satu sisi Anda bisa lebih fleksibel namun di sisi lain justru membuat stres.

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda merasa stres saat bekerja dari rumah, seperti kurang terstruktur, terlalu banyak gangguan di rumah, kesulitan dalam menetapkan batasan, isolasi sosial, kurang fokus dan kurang tidur.

Untuk menghilangkan stres saat bekerja dari rumah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan menurut Boldsky, Selasa.

1. Atur rutinitas
Atur rutinitas untuk diri sendiri dan lakukan setiap harinya. Akan lebih mudah bagi Anda untuk bekerja tepat waktu daripada mengerjakannya jika menemukan waktu.

Misalnya, selesaikan dulu semua pekerjaan rumah tangga, kemudian lakukan pekerjaan kantor agar tidak ada gangguan. Jadi, atur rutinitas dan patuhi itu saat Anda bekerja dari rumah.

Baca juga: Sayurbox tambah mitra penuhi tingginya permintaan saat WFH

Baca juga: Kiat tingkatkan kualitas udara di rumah selama pandemi corona


2. Tetap terkoneksi
Bekerja dari rumah dapat membuat Anda merasa sedikit kesepian dan terisolasi. Untuk mengatasinya, buatlah grup dengan teman-teman atau rekan kerja yang dapat Anda ajak ngobrol setiap kali merasa kesepian dan bosan. Sangat penting untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dengan Anda.

3. Memotivasi diri sendiri
Untuk membuat Anda dapat melewati masa penuh tekanan ini, penting untuk memberi penghargaan bagi diri sendiri.

Anda dapat membuat daftar tugas harian. Setelah berhasil menyelesaikannya, hadiahi diri Anda atas pencapaian ini. Hal tersebut akan membuat Anda tetap termotivasi.

4. Meminta bantuan
Tinggal di rumah sepanjang hari bukan berarti harus mengerjakan semua pekerjaan rumah sendirian. Jika Anda membebani diri dengan seluruh pekerjaan rumah, ini akan menjadi sumber stres.

Anda harus meminta bantuan dari pasangan, anak-anak atau teman sekamar. Jika tinggal sendirian, buatlah jadwal untuk mengatur tugas kantor dan pekerjaan rumah agar dapat dikelola dengan baik.

5. Hindari multitasking
Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu tidak akan membuat Anda fokus. Buatlah daftar paling prioritas hingga yang tidak penting. Ini akan lebih memudahkan Anda dalam bekerja.

Intinya fokus pada apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres sehingga Anda dapat menikmati bekerja dari rumah dan menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang ideal selama pandemi ini.

6. Luangkan waktu untuk diri sendiri
Untuk menghilangkan stres, bacalah buku, memasak makanan sehat, berjalan kaki selama 10 menit atau mendengarkan lagu kesukaan selama beristirahat dari pekerjaan.
 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar