Besok, Rapid test dilakukan kepada 250 pedagang di Muara Teweh

id rapid test massal barito utara,pedagang pasar tradisional,muara teweh,gugus tugas barito utara

Besok, Rapid test dilakukan kepada  250 pedagang di Muara Teweh

Ilustrasi - Petugas melakukan pemeriksaan rapid test. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/nz

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Penangangan COVID-19 Kabupaten Barito Utara dijadwalkan mulai  Sabtu (30/5) melakukan tes cepat atau rapid test massal kepada 250 orang pedagang pada empat pasar di Muara Teweh.

"Rapid test ratusan pedagang pada besok Sabtu ini dilakukan di tempat pasar masing-masing," kata Juru Bicara Tugas Penanganan COVID-19 Barito Utara Siswandoyo di Muara Teweh,Jumat.

Menurut dia, ratusan para pedagang  pasar tradisional ini  berasal dari Pasar PBB  ada 50 orang, Pasar Pendopo  75 orang, Pertokoan Barito Permai 25 orang dan Pasar Ipu sebanyak 100 orang.

Baca juga: Tes swab istri MA hasilnya negatif

Ratusan pedagang itu, kata dia, datanya berasal dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara.

"Jadi kami telah berkoordinasi dengan Dinas Dagrin setempat terkait data jumlah pedagang di Muara Teweh," katanya.

Dia mengatakan rapid test  di daerah ini  nantinya  akan ditargetkan sebanyak  1.000 orang diantaranya dilakukan kepada para wartawan, penjaga posko darat dan posko air dan komunitas lainnya.

"Rapid test massal ini dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah ini," kata dia.

Baca juga: Seorang PDP Barito Utara dinyatakan positif COVID-19

Siswandoyo mengatakan, saat ini petugas medis di RSUD Muara Teweh menjalani rapid test guna mendeteksi lebih dini terjangkitnya COVID-19 bagi petugas medis yang berada digarda terdepan menangani pasien yang terkait COVID-19.

"Tes cepat tenaga medis di RSUD dilakukan dua hari yakni hari ini dan besok, sedangkan jumlahnya pastinya masih belum ada laporan, namun yang pasti rumah sakit kami berikan rapid test sebanyak 100 pcs khusus tenaga medis," kata dia yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara ini.