DPK Gumas terima bantuan 1.000 eksemplar buku dari Perpusnas

id DPK Gumas ,Perpusnas ,DPK Gumas terima bantuan 1.000 eksemplar buku dari Perpusnas ,Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas,Perpustakaan

DPK Gumas terima bantuan 1.000 eksemplar buku dari Perpusnas

Sekretaris DPK Kabupaten Gumas Brikson menunjukkan sejumlah bantuan buku dari Perpusnas RI yang telah diterima oleh dinas setempat, Rabu (2/9/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mendapat bantuan 1.000 eksemplar buku dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2020 ini.

Sekretaris DPK Kabupaten Gumas Brikson  saat dibincangi awak media di Kuala Kurun, Rabu mengatakan bahwa bantuan tersebut didapat setelah sebelumnya mengajukan permohonan bantuan kepada Perpusnas RI.

“Dari 1.000 eksemplar buku tadi, sebanyak 700 eksemplar buku sudah kami terima pada 27 Agustus 2020 lalu. Sisanya akan segera datang dalam waktu dekat,” ucap Brikson.

Dia menjelaskan bahwa ke 700 eksemplar buku tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti pelajaran dan juga pengetahuan umum. Satu judul buku terdiri dari dua eksemplar.

Baca juga: Orang tua berperan besar dalam melestarikan cerita rakyat

Selain 1.000 buku, DPK Kabupaten Gumas juga mendapat bantuan dua unit komputer dari Perpusnas RI. Hanya  saja, bantuan tersebut belum diterima dan diperkirakan datang bersama sisa buku yang disalurkan.

Sebelum datangnya bantuan DPK Kabupaten Gumas memiliki koleksi buku sebanyak 30.130 eksemplar. Dengan adanya tambahan 700 buku dari Perpusnas RI, maka secara keseluruhan dinas itu memiliki 30.830 eksemplar buku.

“Bagi masyarakat yang ingin meminjam buku saya persilahkan untuk datang ke perpustakaan DPK Kabupaten Gumas, setiap jam kerja. Masyarakat dapat membaca dan meminjam koleksi buku yang ada di sini,” tuturnya.

Baca juga: Petugas SP2020 dan masyarakat Gumas diminta selalu taati protokol COVID-19

Yang utama, lanjut dia, pengunjung perpustakaan harus selalu menaati protokol kesehatan COVID-19 saat berkunjung, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir di fasilitas yang telah disediakan.

Lalu mengenakan masker, menjaga jarak fisik antara pengunjung yang satu dengan pengunjung yang lain, serta menghindari kontak fisik. Itu harus dilakukan agar pengunjung dan petugas tidak terpapar COVID-19.

“Saya ajak masyarakat untuk memanfaatkan berbagai koleksi buku yang ada di perpustakaan. Dengan membaca kita akan banyak mendapat ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat,” demikian Brikson.

Baca juga: Gumas memiliki banyak cerita rakyat dan legenda yang harus dilestarikan

Baca juga: Alokasi BSPS untuk Gumas diharapkan meningkat pada 2021

Baca juga: Perusahaan kayu diminta tidak gunakan jalan umum jika mengangkut kayu bulat