DPK Bartim apresiasi TK Ade Irma kenalkan perpustakaan ke anak usia dini

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, Bartim, Kalteng, Kepala DPK Barito Timur, Frindiano Leloni

DPK Bartim apresiasi TK Ade Irma kenalkan perpustakaan ke anak usia dini

Anak-anak didik TK Ade Irma Suryani antusias dan ceria saat mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan pihak sekolah di Perpustakaan di Tamiang Layang, Selasa (21/6). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengapresiasi langkah jajaran Taman Kanak-kanak (TK) Ade Irma Suryani, yang telah membawa dan mengenalkan perpustakaan kepada para peserta didiknya.

"Ini sangat baik untuk para anak didik dalam mengembangkan minat baca anak," kata Kepala DPK Barito Timur Frindiano Leloni melalui Pustakawan Ahli Muda, Hihewu Daya Hawino di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, TK Ade Irma Suryani merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Barito Timur yang mendukung program gemar membaca yang dicanangkan pemerintah, dan sangat diharapkan anak-anak di Kabupaten Barito Timur nantinya memiliki budaya membaca yang baik, sebagai bagian dari menciptakan generasi sehat, cerdas dan sejahtera generasi bangsa.

"Murid-murid TK Ade Irma Suryani sedang belajar membaca. Saat di perpustakaan mereka anak-anak antusias mendengarkan cerita yang dibaca gurunya," kata Hihewu.

Dia berharap pihak sekolah maupun lainnya bisa memperkenalkan perpustakaan. Perpustakaan memiliki berbagai manfaat diantaranya bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca, memperkaya pengalaman belajar siswa, mempercepat proses penguasaan teknik membaca, membantu perkembangan kecakapan berbahasa.

Baca juga: Pemkab Bartim matangkan penyelenggaraan SPIP terintegrasi

Kepala TK Ade Irma Suryani, Arena Tripulita mengatakan, kedatangan anak-anak didiknya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Barito Timur merupakan program tahunan TK Ade Irma Suryani pada tahun ajaran 2021/2022.

"Kami ingin memperkenalkan perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan serta untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini," kata Tripulita.

Menurutnya, mengenalkan anak-anak tentang perpustakaan harus sejak dini agar anak–anak gemar membaca buku mulai sejak kecil. Buku adalah sumber ilmu pengetahuan.

Ketika anak usia dini sudah gemar membaca, maka secara tidak langsung akan berdampak positif pada tumbuh kembang anak dan bisa menghindarkan dari kecanduan telepon genggam yang bisa berdampak buruk pada kepribadian anak.

Baca juga: Atlet Popprov Bartim diminta persiapkan mental tanding

Baca juga: Wabup Bartim ingatkan JCH jaga kondisi kesehatan selama di Arab Saudi

Baca juga: TABE gelorakan ekonomi masyarakat lokal

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022