Pilihan makanan jadi penentu pembentukan kekuatan otot

id pembentukan otot,Asupan gizi,Pilihan makanan menentukan pembentukan kekuatan otot

Pilihan makanan jadi penentu pembentukan kekuatan otot

Ilustrasi melakukan latihan fisik (Antaranews/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam membentuk kekuatan otot, utamanya bagi para atlet.

Pakar nutrisi profesional di bidang olahraga Emilia Achmadi mengatakan pembentukan kekuatan otot ditentukan oleh pilihan makanan yang kita konsumsi.

"Untuk pembentukan dan kekuatan otot, fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein. Untuk daya tahan tubuh, fokus akan tertuju pada protein dan mikronutrisi seperti vitamin C dan seng," kata Emilia dalam keterangan pers dikutip Kamis.

Namun, Emilia melanjutkan bahwa semua komponen nutrisi penting untuk perkembangan fisik.

"Semua negara maju yang mendominasi di dunia olahraga dan atlet profesional yang menguasai podium internasional menerapkan program nutrisi tidak hanya pada masa karier mereka sebagai atlet elit profesional, tetapi juga pada saat mereka memulai karir sebagai atlet junior," lanjutnya.

Baca juga: Kerja dari rumah, jangan lupa untuk lakukan peregangan otot

Emilia juga tak menampik bahwa cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk membuat makanan yang sesuai dengan kebutuhan atlet.

"Cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk seorang atlet mengingat jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya," katanya.

Produsen bumbu masak PT Ajinomoto Indonesia menerapkan sport science dalam program unggulan, "Winning Meals Kachimeshi" guna meningkatkan prestasi atlet di Indonesia.

"Winning Meals Kachimeshi" meliputi dukungan pemberian menu makanan dan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari atlet dan juga disesuaikan dengan porsi latihan yang dijalani, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya.

Baca juga: Kenali tanda-tanda tubuh kurang kena sinar matahari

Program dilakukan secara konsisten untuk membentuk performa atlet agar selalu dalam level tertinggi.

Ajinomoto Indonesia sejak 2017 mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan program "Winning Meals Kachimeshi".

Sudartawa dibantu dan dimonitor oleh pelatih Albert Sutanto dan ahli gizi profesional di bidang olahraga Emilia Achmadi.

Baru-baru ini Ajinomoto Indonesia juga sudah meluncurkan sebuah website inspiratif bernama "kachimeshi-indonesia.com" di mana teradapat beragam artikel inspiratif tentang perjuangan Siman dalam meraih juara dan diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan keluarga seputar gaya hidup seimbang bernutrisi yang juga aktif dan bahagia.

"Kami dengan bangga menceritakan kisah Winning Meals melalui website Kachimeshi Indonesia yang dapat memperkenalkan program ini lebih dalam lagi serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas perihal gaya hidup nutrisi seimbang," kata Mr. Ichiro Sakakura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia.

Baca juga: Ini manfaat memberi jeda pada latihan fisik

Baca juga: Berikut tips agar otot lengan tidak menggelambir

Baca juga: Penanganan tepat saat alami nyeri otot dan sendi