544 personel amankan penetapan nomor urut peserta Pilkada Kalteng

id pilkada kalteng, penetapan nomor urut peserta Pilkada Kalteng,544 personel amankan penetapan nomor urut peserta Pilkada Kalteng,Kabid Humas Polda Kalt

544 personel amankan penetapan nomor urut peserta Pilkada Kalteng

Personel Polda Kalteng saat mengamankan kantor KPU Provinsi Kalteng di Palangka Raya (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Kabid Humas Polda Kalteng, Kombespol Hendra Rochmawan mengatakan sebanyak 544 personel kepolisian akan mengamankan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilkada Kalteng 2020.

"Sebanyak 544 personel kita turunkan untuk mengamankan tahapan penetapan peserta Pilkada Kalteng dan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut," kata Hendra di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan pengamanan tahapan penetapan peserta sendiri dilaksanakan pada Rabu (23/9) dengan pola pengamanan 440 personel itu ditempatkan di lingkungan KPU Kalteng dan 104 personel di lingkungan Bawaslu Kalteng.

Baca juga: KPU tetapkan pilkada Kalteng diikuti dua pasangan calon

Selanjutnya pada tahapan pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilkada Kalteng yang dilaksanakan Kamis (24/9), pihaknya selain mengamankan KPU dan Bawaslu juga akan melaksanakan pengamanan di salah satu hotel yang menjadi lokasi kegiatan tersebut.

"Untuk besok pola pengamanan kita selain di KPU dan Bawaslu juga ditambah di hotel tempat pengundian dan penetapan nomor urut. Selain itu kami juga melakukan patroli berskala besar terutama di kantong-kantor posko pemenangan para calon," katanya saat dijumpai di kantor KPU Kalteng.

Hendra mengatakan, bahwa pihaknya selalu siap dan tegas dalam mengamankan dan mengantisipasi berbagai bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses pemilihan kepala daerah berlangsung.

Meski demikian, lanjut dia, secara umum saat ini kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dalam kategori zona hijau yang artinya aman dan kondusif.

Baca juga: Empat pasang peserta Pilkada Kotim bertarung di tengah pandemi COVID-19

"Sesuai arahan Bapak Kapolda Kalteng, kami akan menindak tegas berbagai tindakan yang mengancam dan menimbulkan gangguan Kamtibmas. Sesuai maklumat Kapolri kami juga akan memastikan seluruh pihak terkait menerapkan protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Sementara itu saat ini, KPU Provinsi Kalimantan Tengah telah menetapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di provinsi setempat tahun 2020 diikuti dua pasangan calon.

Dua pasangan calon yang akan maju di pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila," itu yakni pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.


Baca juga: Bawaslu Gumas minta masyarakat jangan ragu melapor pelanggaran pilkada

Baca juga: DPRD Kalteng dukung langkah pusat tetap laksanakan pilkada tahun 2020

Baca juga: Ini proses penindakan pelanggar protokol COVID-19 Pilkada