Bawaslu Gumas minta masyarakat jangan ragu melapor pelanggaran pilkada

id Bawaslu Gumas ,pelanggaran pilkada,Bawaslu Gumas minta masyarakat jangan ragu melapor pelanggaran pilkada

Bawaslu Gumas minta masyarakat jangan ragu melapor pelanggaran pilkada

Ketua Bawaslu Gumas Walman Tristianto. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Walman Tristianto meminta kepada masyarakat agar jangan ragu untuk melapor, jika mengetahui adanya pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020 di daerah itu.

Masyarakat tidak perlu ragu melapor, karena Bawaslu Gumas akan menjamin kerahasiaan identitas pelapor, kata Walman saat  sosialisasi pengawasan Pemilu OMS dan media massa di Kuala Kurun, Rabu.

“Masyarakat jangan ragu untuk melapor, karena kami menjamin kerahasiaan identitas pelapor. Sampaikan laporan sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar kami dapat menindaklanjuti laporan tersebut,” tegasnya.

Baca juga: Bawaslu Gumas terus awasi netralitas ASN saat pilkada

Dia menyebut bahwa pengawasan pilkada bukan hanya menjadi tugas Bawaslu, namun merupakan tugas bersama seluruh pihak yang ada di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Oleh sebab itu, dia mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, wartawan sendiri, serta masyarakat agar berperan dan ambil bagian dalam mengawasi setiap tahapan pilkada di daerah itu.

Lebih lanjut, Walman juga mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan Pilkada Kalteng 2020. Salah satunya dengan menggunakan hak suara pada hari pencoblosan nanti di tempat pemungutan suara masing-masing.

“Masyarakat yang sudah memilih hak suara jangan sampai golongan putih. Gunakan hak suara pada 9 Desember 2020 nanti dengan mencoblos di TPS masing-masing,” kata Walman.

Baca juga: Legislator Gumas: Jangan abaikan protokol COVID-19 saat melihat pengumuman DPS

Ketua panitia kegiatan Oktavery mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menjalin kerja sama dengan seluruh pihak dalam mengawal Pilkada Kalteng 2020 di kabupaten itu.

Diharapkan, nantinya seluruh pihak dapat bekerja sama dalam proses tahapan yang sedang berlangsung, serta dalam pelaksanaan setiap kegiatan yang berkaitan dengan pilkada tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Menjadi harapan kita bersama pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020 dapat berjalan dengan baik, aman, lancar, serta damai. Tentu perlu dukungan dari seluruh pihak agar itu dapat terwujud,” demikian Oktavery.

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta perhatikan pengumuman DPS

Baca juga: Puluhan PNS Pemkab Gumas ikuti ujian dinas tingkat I dan II

Baca juga: Ketua DPRD Gumas: Waspada penipuan bermodus seleksi CPNS